Rabu 16 November 2022, 11:08 WIB

116 Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Dikti-Ristek Minta PT Tingkatkan Literasi Finansial

Faustinus Nua | Humaniora
116 Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Dikti-Ristek Minta PT Tingkatkan Literasi Finansial

Dok MI
Ilustrasi

 

Sebanyak 116 mahasiswa IPB University dilaporkan tengah terjerat pinjaman online (pinjol). Mereka menjadi korban dengan total tagihan yang mencapai miliaran rupiah.

Plt. Dirjen Dikti-Ristek, Prof. Nizam menyampaikan keprihatinannya terhadap perosoalan baru yang menimpa dunia pendidikan tinggi Indonesia. Pinjol yang sudah memakan banyak korban di masyarakat umum, kini sudah masuk ke lingkungan kampus yang tidak diimbangi penguatan dengan literasi finansial.

"Kita prihatin dengan mahasiswa yang terjerat pinjol. Literasi finansial harus terus kita tingkatkan agar tidak terjadi kejadian serupa di masa depan," ujarnya, Rabu (16/11).

Ditjen Dikti-Ristek pun langsung merespons persoalan tersebut. Plt. Setditjen Dikti-Ristek Tjitjik Srie Tjahjandari mengatakan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan IPB. Selain itu, Dikti-Ristek juga meminta semua perguruan tinggi (PT) untuk meningkatkan literasi keuangan bagi mahasiswa. "Kita telah berkomunikasi dengan Rektor IPB dan Dikti meminta PT untuk melakukan edukasi ke mahasiswa PT tentang literasi finansial," ucapnya.

Untuk edukasi dan literasi finansial, kata Tjitjik, PT perlu melibatkan para profesional di bidang keuangan. Wawasan mahasiswa terkait finansial perlu ditingkatkan agar tidak terjadi lagi kasus-kasus serupa di masa depan.

"Untuk seluruh PT, hal ini dapat melibatkan mitra-mitra profesional dari bank untuk memberikan wawasan tentang pengelolaan keuangan bagi mahasiswa," tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Singapore Management University (SMU) Resmikan Overseas Centre Jakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:04 WIB
Overseas Center Jakarta merupakan bagian dari ekosistem pendidikan SMU yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan menjadikannya SMU...
Ist

Pertamina Dinilai Jadi Garda Terdepan Dekarbonisasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 15:54 WIB
Koordinator Indonesia Energy Watch (IEW), M Adnan Rarasina mengatakan Pertamina dinilai menjadi garda terdepan upaya...
DOK Pribadi.

Saran Dokter, Jaga Asupan Mineral Esensial selama Menonton Bola

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 15:45 WIB
Bagi kebanyakan orang memang lebih menyenangkan menikmati minuman dingin sambil menonton pertandingan. Namun ingat Anda juga tetap harus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya