Sabtu 12 November 2022, 14:10 WIB

Puncak Varian XBB dan BQ Diperikiran Terjadi Sebulan ke Depan

Mediaindonesia | Humaniora
Puncak Varian XBB dan BQ Diperikiran Terjadi Sebulan ke Depan

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Warga berjalan di dekat mural bertema pencegahan penyebaran COVID-19 di Jakarta.

 

KEPALA Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengungkapkan bahwa puncak kasus covid varian XBB dan BQ ini akan terjadi pada November hingga awal Desember 2022.

"Ini karena tingkat penularannya cukup tinggi dibanding varian lain," ujar Ngabila saat dihubungi pada Sabtu (12/11).

Ngabila menyampaikan bahwa saat ini tren kasus terbaru adalah sekitar 2000-2500 kasus. Namun mayoritas hanya bergejala ringan maupun tanpa gejala.

Meski begitu, ia meminta masyarakat untuk tidak panik karena peningkatan kasus ini. "Kita cegah sakit dengan disiplin bermasker, hindari kerumunan terutama saat indoor, dan jauhi orang yang sedang batuk atau pilek," ujarnya.

Ia juga melanjutkan untuk mencegah kematian bagi kalangan yang rentan karena Covid-19, masyarakat diminta untuk menjaga kesehatan, minum obat komorbid rutin, serta segera lengkapi vaksinasi.

Ngabila menyampaikan bahwa kebanyakan penularan terjadi dalam keluarga. Hal ini karena sulit mengidentifikasi klaster kantor dan aktivitas lainnya karena virusnya tergolong sangat cepat menyebar.

Baca juga: Kasus Covid Meningkat, Menkes Minta Masyarakat Segera Booster

"Yang tidak menggunakan masker sama sekali kan di dalam rumah, kalau di luar rumah baik dikantor maupun sekolah kan pakai masker," tambahnya.

Ia juga menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada kenaikan proporsi kasus positif pada anak dan positifity rate sekolah. Dari hasil active case finding/skrining puskesmas sendiri sebesar 2,5 hingga 3 persen.

Ngabila juga mengatakan bahwa sampai saat ini testing dan tracing masih dijaga dengan baik oleh Pemerintah Provinsi untuk memutus mata rantai penularan. Ia juga mengungkapkan dalam 7 hari terakhir sudah 7000 orang yang di test pcr di Jakarta.

Sampai saat ini per Sabtu 12 November 2022 kasus terkonfirmasi Covid-19 di DKI Jakarta mencapai 1.469.515 kasus. Sedangkan kasus terkonfirmasi Covid Nasional mencapai 6.550.448 kasus.(OL-4)

Baca Juga

dok.ist

Ganjar : Pemanfaatan Medsos Penting Bagi Pemimpin Masa Kini

👤Haryanto 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:56 WIB
PEMANFAATAN medsos sangat penting untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Menurut Ganjar, medsos merupakan ruang komunikasi yang efektif...
Ist

Menteri BUMN Beri Motivasi Generasi Muda pada BEM UI Trilogy

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:34 WIB
Acara seminar, diskusi, dan pameran booth BUMN ini berlangsung selama dua hari pada 28–29 November 2022 dengan dihadiri langsung oleh...
ANTARA

Tradisi Natal di Indonesia

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:31 WIB
Tradisi yang dirayakan di salah satu daerah di Jakarta ini, memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan setiap tahunnya oleh warga Kampung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya