Jumat 28 Oktober 2022, 18:54 WIB

Sepanjang 2022, Universitas Pancasila Menghasilkan Delapan Guru Besar

mediaindonesia.com | Humaniora
Sepanjang 2022, Universitas Pancasila Menghasilkan Delapan Guru Besar

Ist
Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Universitas Pancasila memasuki usia ke-56 tahun di Jakarta, Jumat (28/10).

 

BERTEPATAN dengan Hari Sumpah Pemuda, Universitas Pancasila memasuki usia ke-56 tahun.

Pada usia ini, Universitas Pancasila (UP)  semakin berkomitmen dan terus meningkatkan upayanya dalam memberikan pendidikan yang berkualitas, yang ditunjukkan dengan semakin meningkatnya prestasi UP baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, S.H., M.Si., FCBArb., Rektor UP mengatakan “UP sangat menyadari kompleksitas dari tantangan pendidikan di era Society 5.0.

Persaingan global, menyusutnya lapangan pekerjaan, tuntunan memiliki kompetensi yang tersertifikasi hanyalah sebagian dari tantangan yang ada.

Oleh karena itu, Rektor mengimbau agar seluruh sivitas akademika UP terus bahu membahu untuk membawa dan juga mempertahankan UP menjadi universitas yang unggul. 

Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP., sebagai ketua LLDikti mengatakan,“UP menjadi salah satu universitas unggul yang diproyeksikan LLDikti Wilayah 3 untuk menjadi World Class University."

Hal ini disebabkan karena UP memiliki komitmen dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, bahkan UP menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang menghasilkan delapan guru besar sepanjang tahun 2022.

Baca juga: Wapres Tinjau Progres Universitas Nahdlatul Ulama di Yogyakarta

Prestasi di atas tentunya sangat membanggakan bagi UP, ditekankan pula oleh Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Dr. (H.C.) Agum Gumelar, S.H., M.Sc. sebagai Ketua Pengawas Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP).

Dalam sambutannya,  Agum mengatakan,“Terdapat tiga syarat dalam pembangunan, yaitu: Jiwa nasionalisme, karena tanpanya kita tidak akan tumbuh jadi bangsa yang besar."

"Kedua adalah sumber daya manusia yang memiliki daya saing, dan ketiga pembangunan hanya akan berhasil bila dilakukan di tengah masyarakat yang disiplin,“ jelasnya.

Oleh karena itu, Agum berharap UP memiliki tekad yang besar dalam membangun jiwa nasionalisme, kemampuan bersaing dan sikap disiplin untuk memasuki era globalisasi. 

Tema Hari Ulang Tahun Universitas Pancasila ke-56 adalah "Merayakan Pancasila, Merayakan Kita". 

Menurut Dr. Apt. Novi Yanti, M.Si selaku Wakil Rektor II dan juga ketua panitia rangkaian HUT, tema ini dipilih untuk mengingatkan segenap sivitas akademika UP bahwa di dalam diri kita sudah tertanam nilai-nilai Pancasila yang perlu ditampilkan dalam perilaku.

"Dalam rangkaian HUT ini pula terdapat 19 lomba yang lima di antaranya memiliki cakupan nasional, agar terus terjalin silahturahmi dengan berbagai pihak dan tentunya menjaga persatuan,” tuturnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK/SMKN 2 GARUT

Paskibra SMKN 2 Garut Gulirkan Inovasi Pasheman'90

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:40 WIB
Pertunjukan Pasheman'90 yang atraktif, mampu menghapus stigma kaku  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka...
DOK/SMKN 1 GARUT

Inovasi Sabun Cuci Tangan SMKN 1 Garut Dorong Kemandirian Warga

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:25 WIB
Pembuatan sabun cuci piring dihasilkan oleh siswa-siswi SMKN 1 dari Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas...
Dok NasDem

NasDem Setiap Hari Pasok Ratusan Tempe Azaki ke Dapur Umum Korban Gempa Cianjur

👤Media Indonesia 🕔Senin 28 November 2022, 23:10 WIB
PASOKAN kebutuhan buat masyarakat terdampak gempa Cianjur terus dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya