Kamis 27 Oktober 2022, 16:41 WIB

7 Tahapan Perawatan Wajah Pria Berminyak dan Berjerawat

Mediaindonesia.com | Humaniora
7 Tahapan Perawatan Wajah Pria Berminyak dan Berjerawat

Freepik.com
Ilustrasi perawatan wajah pria

 

TAK hanya wanita, para pria juga memiliki masalah wajah berminyak dan berjerawat. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah menggunakan produk perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat.
 
Namun, dalam menggunakan produk perawatan wajah yang berminyak dan berjerawat tidak boleh sembarangan. Sebab, jika produk perawatan tersebut tidak digunakan dengan urutan atau tahapan yang benar maka tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. 

Oleh karenanya, kamu wajib mengetahui penggunaan produk perawatan wajah yang benar untuk kulit berminyak dan berjerawat. Berikut adalah tahapan-tahapan penggunaan perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat yang harus dilakukan.

1. Menggunakan facial wash khusus kulit berminyak dan berjerawat

Untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat para pria juga tentu harus menggunakan sabun pembersih wajah atau facial wash. Ini merupakan langkah penting dan tidak boleh terlewati jika kamu ingin jerawat cepat teratasi dan kulit menjadi lebih sehat. 

Sebagai langkah pertama dalam perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat, kamu wajib menggunakan facial wash secara rutin dua kali sehari. Agar wajahmu lebih terawat dan membuat jerawat mereda, cobalah gunakan produk facial wash yang dikhususkan untuk kulit berjerawat.

Apabila dilakukan secara rutin setiap harinya, wajahmu akan terasa lebih sehat, jerawat mereda, dan masalah kulit berminyak jadi teratasi dengan baik.

2. Aplikasikan toner untuk perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat

Meski menjadi salah satu urutan perawatan wajah yang jarang digunakan oleh pria, tapi menggunakan toner bisa membuat wajah terasa lebih bersih maksimal. 

Toner memiliki tekstur lebih cari dari jenis skincare lainnya karena mengandung ekstrak penyegar yang akan memberikan sensasi segar di kulit. Cairan toner mudah menyerap pori-pori di wajah sehingga berfungsi untuk membuat kulit lebih terawat.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan toner secara rutin selama dua kali sehari agar jerawat cepat mereda. Mengaplikasikan toner ini harus dilakukan setelah kamu selesai membersihkan wajah dengan facial wash.

3. Pakai Essence  

Setelah memakai toner yang sudah menyerap, kamu juga bisa menggunakan essence water agar perawatan kulit berminyak dan berjerawat cepat mereda. 

Essence memiliki fungsi untuk menyiapkan pori-pori wajah untuk menerima nutrisi lainnya dari serum dan pelembap. Essence water sendiri memiliki tekstur yang lebih kental dari toner dan lebih cair dari serum karena mengandung zat konsentrasi yang lebih tinggi dari toner. 

Selain itu, essence juga memberi kelembapan pada kulit wajah sehingga siap untuk menerima tahapan skincare berikutnya. Oleh karenanya, menggunakan toner dan essence water boleh berdekatan tanpa menunggu kering serta menghilangkan fungsinya.

4. Serum khusus wajah berminyak dan berjerawat

Serum adalah salah satu produk perawatan wajah yang memiliki tekstur kental dan mengandung zat aktif yang dapat menghilangkan berbagai masalah kulit. Kandungan aktif yang ada pada serum ini meresap ke bagian dalam kulit wajah. 

Umumnya, serum wajah mengandung berbagai vitamin, antioksidan, retinol, dan asam untuk merawat serta menutrisi kulit wajah. 

Jika ingin menghilangkan masalah jerawat, pilihlah gunakan serum khusus untuk perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat.Teteskan serum pada wajah sebanyak 2 sampai 3 tetes setiap harinya setelah kamu menggunakan toner dan essence.

5. Gunakan pelembab wajah pria untuk kulit berminyak dan berjerawat

Urutan perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah menggunakan pelembab wajah secara rutin. Sebelum mengaplikasikannya, kamu wajib memilih produk pelembap wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Oleh sebab itu, sebelum membelinya pastikan kamu sudah memahami fungsi dan keunggulan dari masing-masing produk pelembap wajah. 

Bagi kamu yang punya masalah jerawat, kamu bisa menggunakan produk pelembap wajah pria untuk kulit berminyak dan berjerawat dari NIVEA MEN Whitening Oil Control Total Recharge Moisturizer.

Produk pelembap wajah pria ini mampu menjaga kelembaban kulit setiap hari dan mampu mengangkat kotoran pada pori-pori wajah. Dengan begitu, wajahmu tidak lagi berminyak dan mudah berjerawat. 

6. Pilih sunscreen untuk wajah berminyak dan berjerawat

Tahukah kamu? Jika sinar UV dari matahari bisa menyebabkan wajah berjerawat karena kulit tidak terlindungi dengan baik. Itulah mengapa, pria dan wanita sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen atau sunblock sebelum beraktivitas. 

Gunakanlah sunscreen di tahap terakhir setelah kamu selesai menggunakan rangkaian perawatan wajah di atas. 

Tak hanya itu, pilihlah produk sunscreen yang memang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sebab, jika salah memilih sunscreen akan membuat masalah kulit wajahmu semakin buruk.

7. Gunakan produk facial scrub 

Perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat di tahapan terakhir adalah menggunakan produk facial scrub selama dua minggu sekali. Produk facial scrub ini akan membantumu mengangkat sel kulit mati sekaligus membersihkan komedo.

Selain itu, facial scrub juga akan membuat wajahmu menjadi lebih sehat, bersih, dan cerah sehingga jerawat akan semakin hilang. Berhati-hatilah saat menggunakan facial scrub karena butiran-butiran sedikit kasar dan bisa menyebabkan jerawat semakin meradang.

Itu dia tahapan-tahapan menggunakan perawatan wajah pria berminyak dan berjerawat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Lakukanlah semua tahapan ini secara rutin agar jerawat dan kulit berminyak dapat teratasi dengan cepat. Selamat mencoba! 

(RO/OL-7)

Baca Juga

Ilustrasi

Pantangan Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Hindari Makanan Ini

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 00:00 WIB
Penderita darah tinggi harus memperhatikan pola makannya seperti dengan menghindari makanan yang dapat memicu tekanan darah...
Ilustrasi

Manfaat Daun Binahong, Ini Cara Mengkonsumsinya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:57 WIB
Daun binahong mengandung nutrisi seperti vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, flavonoid, riboflavin dan beta...
ANTARA

Peraturan Tentang Disabilitas di Indonesia Masih Minim

👤Naufal Zuhdi 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND), Deka Kurniawan, mengatakan bahwa baru sekitar 20 persen daerah di Indonesia yang sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya