Senin 05 September 2022, 22:38 WIB

Ruang Anak Muda Gelar Lomba Inspiratif Jelang Sumpah Pemuda

Mediaindonesia.com | Humaniora
Ruang Anak Muda Gelar Lomba Inspiratif Jelang Sumpah Pemuda

DOK Pribadi.
Robert Edy Sudarwan.

 

INDONESIA saat ini mulai memasuki bonus demografi. Jumlah usia produktif lebih besar dari pada jumlah usia nonproduktif. Lebih spesifik, jumlah pemuda lebih dominan. Hal ini tentu harus menjadi perhatian banyak pihak, terutama bagi para pemuda Indonesia itu sendiri. 

Menanggapi hal tersebut, Ruang Anak Muda mengajak para pemuda Indonesia untuk saling menginspirasi. Direktur Eksekutif Ruang Anak Muda, Robert Edy Sudarwan, mengatakan pihaknya akan menyelenggarakan lomba inspiratif untuk anak muda bertajuk Youth Competition yang merupakan rangkaian kegiatan Youthfulnesia 2022. "Saya yakin sangat banyak anak muda Indonesia yang kreatif. Karena itu Ruang Anak Muda berupaya memfasilitasi mereka, sehingga talenta yang ada dapat terangkat, tentu dengan karya inspiratif bagi pemuda Indonesia," tutur Robert dalam keterangan tertulis, Senin (5/9).

Robert menjelaskan, sejatinya ajang ini didedikasikan untuk menggali talenta anak muda yang memang tumbuh dan berkembang di era digital. Karenanya untuk memperkuat jati diri bangsa, karya yang diperlombakan harus mengangkat nilai-nilai yang memberi inspirasi bagi ruang lingkup sosial dalam bernegara. "Ada tiga kategori lomba, yaitu foto inspiratif, poster inspiratif, dan video inspiratif. Karya yang dilombakan tentu harus orisinal dan harus inspiratif," jelas Robert.

Robert menjelaskan bahwa panitia menyiapkan total lebih dari Rp65 juta untuk karya-karya terbaik dengan hadiah utama senilai Rp10 juta. Robert menjelaskan hadiah ini sebagai wujud apresiasi Ruang Anak Muda agar memotivasi pemuda Indonesia untuk memberikan inspirasi bagi pemuda lainnya melalui konten digital. Lebih lanjut, doktor muda ini mengatakan bahwa Youthfulnesia 2022 diselenggarakan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang ke-94 tahun dengan mengangkat tema Dari Anak Muda Indonesia Menginspirasi Dunia.

"Kegiatan ini wujud komitmen kami menjadikan Ruang Anak Muda sebagai ruangnya para anak muda Indonesia untuk mendunia melalui hal-hal yang positif dan karya-karya yang inspiratif," kata Robert. Nanti, lanjut Robert yang juga salah satu Founder Startup Greatedu, saat hari puncak Youthfulnesia 2022 pada 28 Oktober 2022 akan ada panggung inspirasi yang menghadirkan sejumlah tokoh nasional inspiratif. 

Pada saat itu juga akan diberikan sejumlah penghargaan dan hadiah bagi para pemenang lomba. Adapun untuk ketentuan teknis lomba, dia menambahkan para pemuda dapat memantau akun sosial media @ruanganakmuda.id. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Fauzan

Menkes Sebut Stok Vaksin Covid-19 Masih Tersedia 5 Juta Dosis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:45 WIB
Stok vaksin di daerah masih ada 2,5 jutaan, di pusat masih ada 2,5 jutaan dosis, kata...
ANTARA

Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Penting Bagi Lansia

👤Widhoroso 🕔Kamis 29 September 2022, 23:29 WIB
Kemenko PMK mengingatkan pentingnya vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) bagi kelompok...
Antara/Irwansyah Putra.

Daging Kambing Naikkan Libido dan Kolesterol, Fakta atau Mitos?

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 22:56 WIB
Dokter spesialis gizi klinik dari RS Medistra dr. Cindiawaty J. Pudjiadi, MARS, MS, SP.GK menjawab beberapa mitos terkait daging...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya