Senin 29 Agustus 2022, 21:45 WIB

Ini Penyebab Sering Mengantuk setelah Makan

mediaindonesia.com | Humaniora
Ini Penyebab Sering Mengantuk setelah Makan

FREEPIK/INIBARU
Ilustrasi mengantuk

 

SEBAGIAN orang mungkin pernah merasa mengantuk setelah makan siang dan ini terjadi karena sejumlah hal salah satunya lonjakan kadar gula darah. Demikian dikatakan pakar gizi dengan latar belakang mikrobiologi Claire Shortt.

"Saat kita makan makanan tinggi gula bisa menyebabkan gula darah kita naik lalu turun dengan cepat. Kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan tiba-tiba," ujar Shortt seperti dikutip dari Livescience, Senin (29/8).

Selain itu, hormon tubuh juga berperan. Setelah makan, terkadang ada lonjakan produksi dan pelepasan serotonin yang bisa memiliki efek mengantuk.

"Peningkatan kadar hormon dapat membuat kita merasa sedikit mengantuk. Serotonin berperan dalam suasana hati dan siklus tidur kita, dan ketika kadarnya meningkat setelah makan, itu bisa membuat Anda merasa mengantuk," kata Shortt.


Baca juga: Surat Keterangan Sehat: Syarat, Cara Membuat, Biaya, dan Masa Berlaku


Sebuah tinjauan studi dalam jurnal Sports Medicine menyatakan serotonin dikaitkan dengan kelelahan karena efeknya pada kantuk dan kehilangan motivasi.

Shortt mengatakan beberapa makanan lebih mungkin menyebabkan kantuk daripada yang lain, misalnya makanan kaya asam amino yang disebut triptofan.

"Ini karena terlibat dalam produksi serotonin. Triptofan ditemukan dalam banyak makanan kaya protein seperti keju, telur, kalkun, dan tahu," ujar dia.

Menurut Shortt, sementara ini penelitian belum memberikan jawaban akhir mengapa orang terkadang merasa mengantuk setelah makan. Dia menyarankan beberapa langkah yang dapat dilakukan orang demi meningkatkan tingkat produktivitas sore mereka, salah satunya memasukkan makanan berserat tinggi dalam diet.

"Makanan berserat tinggi dapat membantu menstabilkan kadar gula darah Anda. Cobalah makan teratur dan hindari makan dalam porsi yang sangat besar karena bisa membebani sistem pencernaan sehingga Anda merasa lelah dan lesu," katanya. (Ant/OL-16)

 

Baca Juga

Dok pribadi

Rekam Medis Elektronik SATUSEHAT Wujudkan Transformasi Digital Bidang Kesehatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 16:02 WIB
Proses integrasi data ke platform SATUSEHAT salah satunya standarisasi atau penyeragaman penginputan data. Sehingga seluruh ekosistem...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

NaDiem Mengaku Salah Gunakan Istilah “Shadow Organization”

👤Faustinus Nua 🕔Senin 26 September 2022, 16:00 WIB
Penggunaan frasa tersebut membuat heboh masyarakat yang menilai “shadow organization” tersebut menyalahi susunan organisasi dan...
Dok. Kemendikbudristek

Kemendikbudristek Inisiasi Revitaliasasi Jalur Rempah: Kembalikan Kejayaan Kapal Berusia 50 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 15:46 WIB
Program itu dilakukan dengan penanaman kembali berbagai jenis rempah, mengaktifkan kembali pelabuhan-pelabuhan bersejarah, serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya