Kamis 25 Agustus 2022, 17:20 WIB

Asmaul Husna: Allah Al-Mukmin yang Memberikan Keamanan Sejati

Mediaindonesia.com | Humaniora
Asmaul Husna: Allah Al-Mukmin yang Memberikan Keamanan Sejati

DOK Instagram @limofficial_lirboyo.
Tulisan arab Al-Mu'min.

 

KETAKUTAN dan kekhawatiran bukanlah sekadar bumbu hidup, melainkan keniscayaan. Dari penciptaannya, manusia ialah makhluk lemah karena bisa mengalami sakit, lapar, haus, luka, dan sebagainya. Semua itu bisa menimpanya kapan saja.

Ibarat seorang yang ingin bepergian kendaraan, apapun yang dipilihnya tak bisa melepaskannya dari risiko celaka. Naik pesawat bisa jatuh, naik kapal bisa tenggelam, naik mobil atau sepda motor bisa tabrakan. Bahkan berjalan kaki sekali pun tak menjaminnya senantiasa aman.

Demi keamanan berbagai alat pun diciptakan, semisal sabuk pengaman. Namun tetap saja masih ada orang yang celaka meski telah mengenakan sabuk pengaman. Ini menunjukkan bahwa keamanan tidak bisa dijamin oleh sekadar alat.

Al-Mu'min

Allah memiliki asmaul husna terkait hal itu ialah Al-Mu'min sebagai Zat Yang Maha Memberi Keamanan kepada semua makhluk-Nya. Bencana betapa pun dahsyatnya tak akan bisa mencelakakan seseorang bila Al-Mu'min menjaganya tetap aman. 

Baca juga: Asmaul Husna: Allah As-Salam Selamat dari Cacat dan Menyelamatkan

Itu sebabnya Nabi Ibrahim tidak hangus ketika Namrudz melemparnya ke dalam kobaran api yang menyala. Dengan keamanan dari-Nya, api yang menjilati tubuh Nabi Ibrahim menjadi dingin dan tak lagi berbahaya.

Iman dan aman

Lafaz iman memiliki kata dasar yang sama dengan aman. Mengimani Allah subhanahu wa taala tidak cukup dengan mempercayai keberadaan-Nya semata. Mengimani-Nya berarti senantiasa berusaha menghadirkan rasa aman.

Karena itu, aneh rasanya jika seseorang mengaku beriman, tetapi orang-orang yang berada di sekelilingnya justru merasa terancam.

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda, "Barangsiapa yang mengaku beriman kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan hari akhir, hendaklah tetangganya merasa aman dari kejahatannya." (OL-14)

Baca Juga

DOK/SBM ITB

SBM ITB Gelar Metabinar Pertama di Indonesia

👤Naviandri 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:55 WIB
Aktivitas yang bisa dilakukan ialah  membeli dan menjual aset, berkuliah, menggelar konser, menggelar konferensi pers, menggelar event...
MI/Vicky Gustiawan.

Konsumen semakin Jeli Memilih Kualitas Produk Vape

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:35 WIB
Pihaknya perlu berkolaborasi dengan konsumen secara langsung untuk tidak hanya menyebarkan informasi mendalam mengenai rokok elektrik,...
Dok. BPIP

Wakil Kepala BPIP Sampaikan Urgensi Pendidikan Pancasila di Hadapan Ribuan Guru Agama

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:26 WIB
"Tantangan global dan ancaman hilangnya identitas bangsa menjadikan Pendidikan Pancasila penting untuk diajarkan di semua jenjang dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya