Senin 01 Agustus 2022, 21:59 WIB

Menkominfo Tegaskan Pendaftaran PSE Bukan Untuk Mencomot Data Pribadi

Fachri Audhia Hafiez | Humaniora
Menkominfo Tegaskan Pendaftaran PSE Bukan Untuk Mencomot Data Pribadi

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan desakan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) bukan ditujukan terkait pengambilan data pribadi. Pendaftaran PSE dimaksudkan untuk melindungi data penduduk Indonesia.

"Pendaftaran ini tidak terkait dengan data pribadi pelanggan," kata Menkominfo Johnny G Plate di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, hari ini.

Melalui pendaftaran PSE, kata Johnny, pemerintah bisa melindungi data pelanggan jika terjadi pelanggaran hukum. Sekaligus mengenakan sanksi kepada PSE tersebut.

"Ini adalah penegakan hukum di dalam negeri, ini dalam rangka untuk melindungi kepentingan masyarakat Indonesia," ujar Johnny.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem itu mendorong dan memberikan dukungan yang kuat atas industri kreatif nasional. Ia juga mendorong bangkitnya inovasi nasional di ruang digital.

Baca juga: Update 1 Agustus: 4.803 Orang Terima Vaksinasi Kedua

"Kita berharap Ruang digital kita menjadi ruang digital yang sehat, ruang digital yang bermanfaat utamanya bermanfaat bagi warga negara Indonesia," ucap Johnny.

Sebelumnya, akses terhadap Amazon, PayPal, Yahoo!, Bing, Steam, Dota, Couter-Strike, Global Offensive, Epic Games, BattleNet, dan Origin dari wilayah Indonesia ditutup sementara. Sebab, 10 PSE asing tersebut belum mendaftar secara resmi ke Kominfo RI.

Penutupan akses terhadap 10 PSE asing yang banyak pengaksesnya di Indonesia tersebut berlaku efektif per 29 Juli 2022 pukul 13.30 WIB. Setelah pengelola masing-masing PSE menyelesaikan pendaftaran sistem elektronik dan mengirim informasi tanda daftar, akses akan kembali dibuka oleh Kominfo.(OL-4)

Baca Juga

Antara

Industri Jamu Sulit Berkembang, Ini Tantangannya

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:05 WIB
BAHAN baku jamu pada dasarnya berasal dari alam atau yang bisa disebut Bahan Baku Obat Bahan Alam (BBOBA). Ada sejumlah tantangan yang...
Ist

Pentingnya Penggunaan 'Sheet Mask' untuk Kulit Wajah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:45 WIB
Salmon DNA ampuh untuk menghidrasi hingga mencerahkan kulit wajah, menjaga kulit dari efek penuaan dini, meningkatkan elastisitas kulit,...
Antara

Rata-Rata Kelahiran Ideal Optimalkan Pencapaian Bonus Demografi

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:35 WIB
Dengan pertumbuhan penduduk yang seimbang saat ini maka bonus demografi Indonesia bisa dimanfaatkan secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya