Minggu 24 Juli 2022, 08:30 WIB

Waspada, Inilah Gejala Hepatitis Akut pada Anak

Meilani Teniwut | Humaniora
Waspada, Inilah Gejala Hepatitis Akut pada Anak

MI/ANDRI WIDIYANTO
Petugas memberikan penyuluhan terkait hepatitis akut saat kegiatan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.

 

HEPATITIS akut, belakangan ini, menjadi sorotan publik lantaran jumlahnya yang terus bertambah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar lebih dari 200 anak terinfeksi Hepatitis akut. Bahkan sudah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) dan menyebar di sejumlah negara, termasuk Indonesia. 

Hepatitis adalah peradangan pada organ hati. Infeksi Hepatitis biasanya disebabkan oleh virus Hepatitis. Virus ini memiliki lima tipe yang disebut dengan tipe A, B, C, D dan E.  Kelimanya menular dengan cara yang berbeda dan menyebabkan jenis jenis penyakit yang berbeda dengan pula. Maka itu anda perlu mengetahui gejala Hepatitis tersebut. 

Gejala Hepatitis

Gejala Hepatitis sangat penting dipahami oleh orangtua untuk menjaga buah hati agar mengetahui penanganan yang tepat bagi buah hati. 

Baca juga: Dokter Laporkan Perburukan Gejala Hepatitis Akut Berat Berlangsung Cepat

Gejala Hepatitis dapat meliputi jaundice, yang berciri kuning pada kulit dan juga mata. Selain itu ada demam, rasa lelah yang berlebihan, hilang selera makan, mual, muntah-muntah, nyeri di area perut, urine berwat gelap, tinja berwarna terang pucat, dan nyeri pada sendi.

Dalam beberapa kasus, gejala-gejala ini ringan atau sama sekali tidak muncul.  Lalu apa yang dapat dilakukan orang tua agar melindungi si buah hati ? 

Dua cara terbaik untuk melindungi Buah Hati

  1. Hal yang perlu dilakukan orang tua untuk melindungi sang buah hati adalah sebagai berikut :
  2. Pastikan anak Anda telah menerima imunisasi lengkap 

Bantu anak untuk melakukan tindakan perlindungan dari penyakit yang dapat menular antar manusia. Dan perlu mengingat kan mereka untuk :

  • Rajin mencuci tangan
  • Menjaga jarak dari orang yang sedang sakit 
  • Menutup mulut saat batuk dan bersin
  • Tidak menyentuh Mata, hidung, atau mulut.

Dan apabila orangtua melihat anak mengalami gejala gejala tersebut maka, segeralah ke dokter dan melakukan perawatan. (OL-1)

Baca Juga

Dok. Roemah Indonesia BV

Roemah Indonesia BV dan Menteri BUMN Erick Thohir Gelar Pasar Kopi di Eropa

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:38 WIB
Secara unik, acara besar itu akan membawa pengunjung mengenal perjalanan kopi Indonesia, mulai dari menyaksikan pameran sejarah produksi...
Ist

Rambut Rontok 60-100 Helai per Hari, Saatnya Konsultasi ke Dokter

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:22 WIB
Di seluruh dunia, sekitar 60% pria dan 50% wanita mengalami beberapa bentuk kerontokan rambut sehingga membutuhkan penanganan...
Ist

Gerakan Pramuka Solusi Atasi Kecanduan Gawai pada Anak dan Remaja

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 12:42 WIB
Gerakan Pramuka yang biasanya dipenuhi dengan kegiatan alam, ketrampilan dan persaudaraan bisa mengalihkan perhatian sejenak dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya