Minggu 10 Juli 2022, 11:00 WIB

INH Salurkan Kurban di Tujuh Negara, Terbesar Uganda

Mediaindonesia.com | Humaniora
INH Salurkan Kurban di Tujuh Negara, Terbesar Uganda

DOK Pribadi.
Ketujuh negara yang menjadi sasaran INH ialah Palestina, Yaman, Suriah, Nigeria, Uganda, Myanmar, dan tentu Indonesia.

 

LEMBAGA kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) melaksanakan program kurban di tujuh negara pada perayaan hari Raya Idul Adha 2022/1443 H. Sejumlah hewan kurban tersebut ditebar ke beberapa negara yang telah menjadi mitra lembaga kemanusiaan tersebut.

Ketujuh negara yang menjadi sasaran INH ialah Palestina, Yaman, Suriah, Nigeria, Uganda, Myanmar, dan tentu Indonesia. Uganda menempati urutan pertama dalam perolehan jumlah hewan kurban yang dikumpulkan INH yakni sebanyak 13 sapi, 14 domba, dan 20 kambing berhasil dikumpulkan.

"Alhamdulillah program kurban tujuh negara mendapatkan respons positif dari para donatur dan warga masyarakat Indonesia, sehingga program ini bisa berjalan lancar sebagaimana mestinya," kata Luqmanul Hakim, Presiden Direktur INH, dalam keterangan tertulis, Minggu (10/7). Menurutnya, pada perayaan Idul Qurban tahun ini lembaganya membuka program kurban sejak awal Juni lalu dan ditutup sehari sebelum pelaksanaan. Namun khusus Palestina INH membuka dan menerima kurban hingga satu hari setelah perayaan Idul Adha.

"Alhamdulillah sejak kemarin semua amanah dari jemaah sudah kami distribusikan. Mudah-mudahan ini bisa menjadi modal kami dalam mengemban amanah dalam misi kemanusiaan," jelasnya.

Lukman menambahkan, pada tahun sebelumnya lembaga yang ia pimpin hanya menjangkau di enam negara. Namun seiring berkembangnya lembaga tersebut pihaknya terus melebarkan sayap dan menjalin kemitraan dengan lembaga-lembaga lokal di negara tujuan. "Mudah-mudahan pada tahun depan kami bisa terus meningkatkan jumlah negara sasaran untuk penyaluran kurban secara global. Kami terus memberikan pelayanan sesuai syariat Islam serta terus melakukan inovasi dan kerja sama dengan lembaga lembaga di negara tujuan kurban," harapnya.

Baca juga: AS-Israel Tekan Sekutu Arab Bangun Pertahanan Udara Lawan Iran

Founder Emmy Foundation, Emmy Sabar Manurung, yang menjadi mitra kerja INH dalam penyaluran hewan kurban di Uganda menyatakan banyak terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang memilih Uganda untuk tempat berkurban. Menurutnya, Uganda yang merupakan negara di kawasan Afrika Timur yang memiliki cukup banyak polulasi umat Islam yakni sekitar 13% dari jumlah penduduk.

"Ini kado teristimewa buat warga Uganda di tengah krisis pangan yang sedang bergejolak di sejumlah negara Afrika. Semoga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kerja sama antara Uganda dan Indonesia, khususnya di bidang kemanusiaan," pungkas Emmy. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...
AFP

Anak Terinfeksi Monkeypox, Satgas: Perlu Penanganan Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:04 WIB
Kelompok usia anak menjadi salah satu pasien yang perlu mendapat penanganan khusus dari tenaga medis, khususnya saat terinfeksi cacar...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

UGM Buka Pendaftaran KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:00 WIB
Penerima KIP-K berhak mendapat bantuan biaya pendidikan atau uang kuliah tunggal (UKT) yang dibayarkan oleh pemerintah langsung ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya