Selasa 05 Juli 2022, 08:05 WIB

Percepat Penanganan PMK, Kemendikbud-Ristek Mobilisasi Kampus Hingga ke Daerah

Faustinus Nua | Humaniora
Percepat Penanganan PMK, Kemendikbud-Ristek Mobilisasi Kampus Hingga ke Daerah

Medcom.id
Plt Dirjen Dikti-Ristek Prof Nizam.

 

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) tengah memobilisasi perguruan tinggi di Tanah Air untuk mempercepat penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Saat ini kita sudah memobilisasi perguruan tinggi, terutama yang memiliki Fakultas Kedokteran Hewan atau Peternakan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi PMK, baik untuk vaksinasi maupun sosialisasi/ edukasi masyarakat," ujar Plt Dirjen Dikti-Ristek, Prof Nizam kepada Media Indonesia.

Menurut Prof Nizam koordinasi terus dilakukan antara pemerintah dan pihak kampus. "Ini dikoordinasikan oleh Direktorat Belmawa bersama Kementan dan BNPB," imbuhnya.

Dengan hadirnya perguruan tinggi diharapkan penanganan PMK bisa segera dituntaskan. Apalagi, jangkauan kampus-kampus yang ada hingga ke daerah bisa mendukung perluasan akses vaksinasi dan sosialisasi.

Pemerintah menyatakan, penyakit yang terutama menjangkiti ternak sapi tersebut telah menulari tidak kurang dari 298.474 hewan ternak di 223 kabupaten/kota. Wilayah penyebaran PMK sudah menjangkau setidaknya 19 provinsi.

PMK memang tidak berbahaya bagi manusia. Akan tetapi, PMK jelas mematikan bagi hewan ternak hingga merugikan peternak. Sejauh ini saja, menurut Ombudsman RI, potensi kerugian peternak akibat penyebaran PMK mencapai lebih dari Rp250 miliar. Kerugian akan kian membengkak jika penyebaran PMK tidak segera terbendung.

BNPB menyatakan langkah-langkah mengatasi wabah PMK mencontoh penanganan pandemi covid-19. Satuan Tugas (Satgas) Nasional Penanganan PMK yang mengintegrasikan sejumlah lembaga di bawah koordinasi BNPB bergerak dengan berbasiskan pengetesan. (H-2)

 

Baca Juga

ilustrasi

Terapkan Batas Saat WFH Bisa Tenangkan Jiwa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 21:23 WIB
"Ada yang namanya segregated yakni sangat dipisahkan. Dia membuat ruang-ruang sendiri sebagai boundary dia bekerja, ada tempat khusus...
Ist

Adira Finance dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:22 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan...
Antara

Kasus positif COVID-19 bertambah 5.104

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 19:54 WIB
Adapun kasus aktif pada hari ini bertambah 30 kasus. Hasilnya, tercatat sudah ada 53.606 kasus aktif di seluruh penjuru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya