Sabtu 02 Juli 2022, 07:05 WIB

Jelang Puncak Haji, Pemerintah Mantapkan Manasik Setiap Hari

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Jelang Puncak Haji, Pemerintah Mantapkan Manasik Setiap Hari

Antara
Ilustrasi

 

ARAB Saudi telah menetapkan waktu wukuf di Arafah pada Jumat, 8 Juli 2022. Menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji tersebut, pemeritah Indonesia memberikan perhatian khusus terkait dengan manasik dan bimbingan ibadah.

"Pemerintah melalui petugas bimbingan ibadah dan konsultan ibadah melakukan program pemantapan manasik setiap hari, di tempat akomodasi atau hotel jemaah," kata Plh Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi saat Konprensi Pers di Media Center Haji, Jakarta, Jumat (1/7).

"Layanan ini untuk mengingatkan, mereview, dan memastikan jemaah telah paham rukun, wajib dan hal-hal lainnya yang diatur dalam ketentuan manasik," sambung Wawan.

Wawan menyampaikan bahwa pada manasik ini juga disampaikan ruhshah-ruhshah (keringanan hukum) dalam ibadah haji. Dengan demikian, kondisi lemah dan sakit tidak menghalangi jemaah untuk tetap melaksanakan haji sesuai dengan syari’at dan hakikat sehingga ibadah haji mereka sah, sempurna, dan mabrur.

"Pemerintah mengimbau, seluruh jemaah untuk mengikutinya dengan seksama. Bertanya dan berkonsultasi jika belum paham. Dan jemaah lebih mengedepankan nilai ibadah, makna dan hikmah dari rangkaian ibadah haji," tandas Wawan. (H-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

HUT ke-77 RI, Nadiem: Lanjutkan Gotong Royong, Wujudkan Merdeka Belajar

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:40 WIB
Kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh Tanah Air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan...
ANTARA/ Asprilla Dwi Adha

Kampanye The Rising Tide Kumpulkan 68 Ton Sampah dari Rumah Tangga

👤 Atalya Puspa 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:05 WIB
The Rising Tide sesuai semangatnya diharapkan dapat memberikan arah pemikiran baru di masyarakat untuk mempunyai gaya hidup yang minim...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

HUT RI ke-77, Menpora Harap Bangsa Indonesia Makin Optimistis Hadapi Tantangan

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:41 WIB
Menurut Menpora, 77 tahun kemerdekaan Indonesia, maka harapan Indonesia ke depan terbentang luas, walaupun sekarang ini tantangannya tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya