Minggu 26 Juni 2022, 15:35 WIB

Dies Natalis ke 21, Unpam Tangsel Berkomitmen Beri Kualitas Pendidikan Terbaik

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Dies Natalis  ke 21, Unpam Tangsel Berkomitmen Beri Kualitas Pendidikan Terbaik

MI/ Syarief Oebaidillah
Ketua Yayasan Sasmita Jaya Darsono

 

UNIVERSITAS Pamulang ( Unpam) merayakan Dies  Natalis ke 21 yang diperingati  dengan pagelaran Sendratari Ramayana di halaman gedung kampus dua, Serpong, Tangsel, Banten, kemarin.

Segenap pimpinan Unpam, Ketua Yayasan Sasmita Jaya Darsono, Rektor Nurzaman, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie beserta tokoh masyarakat dan warga nampak antusias mengikuti puncak Dies Natalis ke 21 Unpam tersebut.

"Sejak berdiri tahun 2001 hingga sekarang banyak kenangan bagi seluruh sivitas akademika Unpam. Dengan jumlah mahasiswa 82 ribu orang dan 58 ribu alumni yang tersebar di berbagai profesi kami ingin memberi pelayanan terbaik terutama untuk masyarakat marjinal di Tangsel," ujar Ketua Yayasan Sasmita Darsono dalam sambutannya.

Darsono selaku perintis dan pendiri Unpam mengutarakan suka duka, jatuh bangun membangun Unpam. 

"Awalmya, Unpam kurang diminati. Satu kelas hanya ada satu mahasiswa. Begitupun kami belum punya gedung dan tanah sendiri. Namun alhamdulillah kami diberi kemudahan hingga memiliki  gedung sendiri dan membangun kampus Unpam di beberapa tempat," tandasnya.

Dia  menargetkan empat tahun mendatang Unpam dapat meluluskan 130 ribu orang. Selain menerima mahasiswa dari kalangan marjinal dan tidak mampu, Unpam juga menampung kalangan disabilitas menempuh kuliah.

"Banyak anak anak tidak mampu, anak anak tukang gerobak juga orang tunaetra kuliah di Unpam. Alhamdulillah mereka telah lulus, yang tunanetra kami tampung bekerja di perpustakaan dan sekarang mengambil lanjut program S3," ungkap Darsono.

Pada kesempatan serupa, Rektor Unpam Nurzaman mengutarakan  kebahagiaan tersendiri memasuki   21 tahun.

Dengan  81 ribu mahasiswa dan 2 000 dosen serta 58 ribu alumni yang tersebar, Unpam juga  meraih berbagai penghargaan dari Kemendikbudristek, Kemenkumham dan lembaga lainnya.

"Unpam hadir memberi kesempatan luas bagi masyarakat Tangsel juga masyarakat luas menempuh pendidikan tinggi," kata Nurzaman.

Ia menambahkan, Unpam memberi kemudahan masyarakat kuliah dengan biaya cukup murah namun tetap berkualitas. Sekaligus mencerminkan amanat Bank Dunia tentang Education for All atau pendidikan untuk semua guna meningkatkan mutu  SDM.

"Langkah Unpam ini sekaligus  mendukung program pemerintah menuju Indonesia emas tahun 2045," tandas Nurzaman yang pernah menjabat Sesditjen Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan ( GTK) Kemendikbud.

Dalam.kesempatan sama, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengapresiasi keberhasilan Unpam yang telah mencetak 58 ribu lulusan.

"Dengan anak  asuh 58 ribu  alumni, sugguh prestasi luar biasa bagi Unpam. Saya kira sulit dan sedikit kampus lain memiliki alumni sebanyak Unpam," ujar Benyamin.

Ia menambahkan, kontribusi Unpam memberikan kesempatan  kuliah bagi kalangan marjinal seperti anak tukang gerobak dan asongan juga disabilitas menjadi salah satu kunci memajukan pendidikan dan peradaban. (OL-8)

Baca Juga

DOK RENDRA SETYADIHARJA

Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO, Nadiem Ajak Lestarikan Pantun

👤Faustinus Nua 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:15 WIB
Indonesia telah mencatat sejarah penting karena pantun diakui sebagai budaya dunia pada Desember 2020 dan kerja keras melestarikan pantun...
Antara

Masta, Masakan Sehat Atasi Stunting dari Garut

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:05 WIB
Kabupaten Garut menjadi daerah dengan prevalensi stunting tertinggi se-Jawa...
Antara

170,6 Juta Orang Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:40 WIB
Sementara itu, Kemenkes mencatat 14.732 ribu orang disuntik vaksin dosis pertama hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya