Kamis 26 Mei 2022, 15:35 WIB

GPDRR Ke-7 Ambil Pelajaran dari Pandemi Covid-19

Atalya Puspa | Humaniora
GPDRR Ke-7 Ambil Pelajaran dari Pandemi Covid-19

Antara/Wahyu
Presiden RI Joko Widodo membuka GPDRR 2022 di Bali, Rabu (25/5).

 

PELAKSANAAN Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ketujuh di Nusa Dua, Bali, telah berlangsung sejak 23 Mei 2022 lalu.

Public Information Officer United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR) Omar Amach mengungkapkan bahwa terdapat sejumlah isu penting yang dibahas dalam forum-forum yang ada.

Pertama, mengenai pembelajaran dari bencana nonalam pandemi covid-19 serta pemulihan sosial ekonomi ke depannya. "Sesi ini akan mempertimbangkan pelajaran yang dapat diambil dari sisi sosial ekonomi yang terdampak pandemi covid-19 dan akan mengidentifikasi peluang untuk memperkuat tata kelola risiko lintas sektor," kata Omar dalam keterangan resmi.

Selain itu, ada pula forum yang akan membahas tentang penurunan risiko bencana dan mendukung adaptasi iklim lewat pemulihan lingkungan.

Omar melanjutkan, hal lain yang akan dibahas di GPDRR ialah mengenai tantangan data dan solusi untuk manajemen risiko bencana.

"Ini merupakan sesi yang penting karena menjadi prioritass utama Sendai Framework untuk dapat memahami risiko dan ini semua bergantung pada pengelolaan data yang baik," beber dia.

GPDRR 2022 dihadiri 7.470 peserta yang berasal dari 185 negara anggota dan observer Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), baik secara online maupun offline.

GPDRR akan berlangsung hingga 28 Mei 2022 dengan mengusung tema besar From Risk to Resilience: Towards Sustainable Development for All in a Covid-19 Transformed World. (H-2)

Baca Juga

ANTARA

Antisipasi Penyalahgunaan Visa Haji, Kemenkumham Perketat Pengawasan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 23:16 WIB
Pengetatan pengawasan tersebut dilakukan langsung oleh Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI...
ANTARA

Pakar: Tak Perlu Revisi UU Narkotika untuk Keperluan Riset Ganja

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 23:10 WIB
Ganja di Indonesia belum pernah digunakan sama sekali untuk peruntukan medis karena belum ada bukti yang kuat tentang uji klinis ganja di...
Antara

Hari Ini, 23 Ribu Orang Terima Vaksin Dosis Kedua

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 05 Juli 2022, 22:36 WIB
Total 169.192.447 orang telah menerima vaksin lengkap per Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya