Jumat 20 Mei 2022, 13:24 WIB

Jemaah Haji dari Amphuri Sudah Divaksin 100 Persen

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Jemaah Haji dari Amphuri Sudah Divaksin 100 Persen

ANTARA/IRWANSYAH PUTRA
Petugas Puskesmas Kopelma mempersiapkan vaksin meningitis untuk calon jemaah haji di Darussalam, Banda Aceh, Aceh, Selasa (10/5/2022)

 

ASOSIASI Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) mengklaim bahwa jemaah haji 1443H/2022M dari Amphuri sudah melakukan vaksinasi reguler lengkap 2 dosis dan sebagian sudah melakukan booster.

"Alhamdulillah semua jemaah haji Amphuri sudah melaksanakan full vaksin," ucap Ketua Umum Amphuri Firman M Nur saat dihubungi, Jumat (20/5).

Diketahui berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 405 Tahun 2022 kuota haji Indonesia telah ditetapkan sebanyak 100.051 jemaah pada tahun 2022. Kuota tahun ini terdiri dari 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus.

Baca juga: Menag Pastikan Akomodasi Jemaah Indonesia di Makkah Bagus dan Siap

Baca juga: Pemerintah Kebut Vaksinasi Jemaah Haji

Kuota Indonesia menjadi kuota yang terbesar lebih dari 10 persen jumlah jemaah yang melakukan haji tahun ini.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan baru 76 persen jemaah haji yang baru mendapatkan dosis lengkap vaksinasi covid-19. Amphuri menghimbau kepada jemaah agar segera menaati protokol yang diberikan Pemerintah Arab Saudi agar pelaksanaan haji tahun ini berjalan dengan lancar.

"Penting sekali para jemaah yang akan berangkat haji tahun ini untuk bisa disiplin melakukan protokol kesehatan (prokes) dengan baik. Kedisiplinan menjalakan prokes ini akan menjalankan keamanan dan kesehatan jemaah serta bisa melakukan ibadah dengan kondisi sehat," ujar Firman.

Pemerintah Arab Saudi mensyaratkan jemaah haji untuk melakukan tes PCR 2x24 jam dan vaksinasi reguler lengkap. Dengan haji tahun ini diharapkan bisa membuka jalan untuk penyelenggaraan haji normal tahun-tahun mendatang.

"Inshaallah haji tahun ini dapat terselenggara dengan baik dan jemaah sehat dan selamat sampai di Tanah Air masing-masing. Keberhasilan haji tahun ini penting kita berharap tahun depan jemaah yang sudah mengantri bisa dapat melaksanakan dengan kuota penuh," pungkasnya. (H-3)

Baca Juga

Dok BenihBaik.com

Bupati Kebumen Lepas Puluhan Tukik Bersama Pertamina dan BenihBaik.com

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 09:44 WIB
Ancaman kelestariaN penyu terbilang tinggi akibat perubahan iklim, pencemaran laut, dan eksploitasi serta perburuan yang masih...
dok.ist

Tekan Deforestasi, Plana Usung Produk Non-Kayu

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 08:05 WIB
MEMBAWA misi menekan laju deforestasi dan turut mengurangi sampah plastik, Plana meluncurkan produk yang terbuat dari sekam gabah padi dan...
dok.panitia

Sumatra Utara Juara Umum Pesparawi Nasional XIII

👤Ardi T Hardi 🕔Senin 27 Juni 2022, 07:55 WIB
PESTA Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XIII secara resmi ditutup, kontingen Sumut juara umum dan berhak membawa Pila Bergilir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya