Selasa 10 Mei 2022, 14:04 WIB

Pola Penularan Hepatitis Tergantung dari Jenisnya

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Pola Penularan Hepatitis  Tergantung dari Jenisnya

Medcom.id
Ilustrasi

 

SAAT ini yang menjadi kejadian luar biasa adalah Hepatitis A karena virus Hepatitis A berhubungan makanan dan minuman. Kontaminasinya melalui fekal oral.

Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Prof. dr. Ari Fahrial Syam mencontohkan bila sumber air di satu desa tercemar virus Hepatitis A maka satu desa tersebut dapat terdampak Hepatitis A.

"Yang agak rame pada 2019 itu di daerah Pacitan, Madura, dan sekitarnya di Jawa Timur yang ada 2 ribu kasus dan itu berhubungan dengan penjual makanan keliling yang mengidap Hepatitis A," kata Ari dalam dialog daring, Selasa (10/5).

Sementara Hepatitis B juga penularannya berhubungan dengan makanan dan minuman tetapi juga dengan darah seperti transfusi darah. Kemudian benda tajam yang tidak tersteril dengan baik maka juga berbahaya menularkan Hepatitis B.

Baca juga: PPKM Jawa Bali masih Berlaku meski Covid-19 Terkendali

"Seperti contoh pisau cukur yang tidak tersteril dan digunakan bersama-sama oleh konsumen. Ternyata darah konsumen yang mengidap Hepatitis B menempel di pisau cukur dan digunakan oleh orang lain maka bisa tertular," ujar Prof Ari.

Sementara Hepatitis C penularannya lebih pada jarum suntik dan kontak seksual. Kemudian Hepatitis D bisa menular jika pasien sedang/sudah mengidap tertular Hepatitis B, berhubungan seks, dan transfusi darah.

"Antibodi ideal dari vaksinasi. Saya rasa kita harus tetap waspada terhadap penularan. Untuk Hepatitis A pun waktunya cukup pendek hanya 2-3 tahun saja tapi bisa di vaksin tambahan jika berada di lingkungan yang tingkat penularannya tinggi," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA

BMKG: Waspadai Dampak Bibit Siklon Tropis 92W di Laut Filipina

👤Widhoroso 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:51 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari bibit siklon...
Dok. Long Rich Bioscience Indonesia

Resveratol Bantu Menjaga dan Maksimalkan Imun Tubuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:13 WIB
Resveratrol ditemukan dalam sejumlah makanan dan minuman, termasuk anggur, kacang tanah, kakao, anggur...
Antara

30,9 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Rampung Divaksin Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:09 WIB
Sebanyak 1.617.507 tenaga kesehatan (nakes) rampung menerima vaksin booster per hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya