Kamis 05 Mei 2022, 17:26 WIB

Kemenkes Diminta Skrinning Penyakit Hepatitis Akut di Daerah

 M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemenkes Diminta Skrinning Penyakit Hepatitis Akut di Daerah

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy

 

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan skrinning di daerah terkait penyakit hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya ini.

"Saya rasa merasa agar lebih proaktif melakukan penyisiran di tiap daerah untuk memastikan agar Hepatitis ini belum menyebar," kata Muhadjir dalam konferensi pers secara daring, Kamis (5/5).

Kalau pun sudah menyebar maka bisa dideteksi lebih dini sehingga bisa dilakukan penanganan pertama sebelum penyebaran lebih luas.

Penyakit ini sudah menjadi persoalan global karena sudah terjadi di beberapa negara, terutama negara-negara maju. Muhadjir mengatakan apabila kasus sudah terdeteksi di negara maju karena memiliki instrumen yang canggih mendeteksi kehadiran penyakit asing.

Baca juga: Penelitian Hepatitis Akut Butuh Waktu Hingga 14 Hari

"Kalau kita sigap merespon ini artinya kita sudah cukup maju melakukan tata kelola dan respon penyakit di masyarakat," ucapnya.

Selain itu, saat ini kata Muhadjir telah berseliweran berita hoaks terkait hepatitis akut anak yang terjadi saat ini sehingga harus segera diatasi agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada. Dirinya menyerahkan kepercayaan kepada Kementerian Kesehatan untuk sigap mengatasi hal ini.

"Tadi malam sudah kontak-kontakan dengan Pak Menkes (Budi G Sadikin) saya sangat percaya bahwa Kemenkes sangat sigap mengambil langkah-langkah prefentif dan kuratif terhadap gejala Hepatitis ini," pungkasnya. (Iam/OL-09)

Baca Juga

Foto/Twitter/@Menlu_RI

Masyarakat Diminta Patuh Kebijakan Pengendalian Covid-19

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:54 WIB
Prof. Wiku Adisasmito mengingatkan, di tengah kondisi yang dinamis ini, pentingnya masyarakat mengingat kembali kebijakan-kebijakan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Pakai Masker dan Vaksinasi Sama Penting dalam Cegah Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:46 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menyebut, bahwa vaksin Covid-19 sama pentingnya dengan memakai...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Gaungkan Kebangkitan Kehutanan Melalui Green Environment and Forestry Expo 2022

👤 Atalya Puspa 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:38 WIB
Melalui pameran ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ingin menggaungkan semangat kebangkitan sektor kehutanan untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya