Minggu 01 Mei 2022, 11:17 WIB

Kunjungi Ragunan, Wapres Minta Prokes di Tempat Wisata Diperketat

Emir Chairullah | Humaniora
Kunjungi Ragunan, Wapres Minta Prokes di Tempat Wisata Diperketat

MI/Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau kesiapan Ragunan dalam menghadapi liburan Lebaran.

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin, Minggu (1/5), mengecek kesiapan Taman Margasatwa Ragunan dalam rangka menghadapi lonjakan pengunjung saat libur Idulfitri 1443 H. Pemerintah berharap pengunjung tempat wisata tetap aman dari virus covid-19 walaupun jumlahnya bakal meningkat tajam.

Sambil berolahraga, Ma’ruf beserta istri dan rombongan terbatas mendatangi Ragunan dengan berkendara mobil dari kediaman resmi. Setibanya di Ragunan, sekitar pukul 06.29 WIB, Ma’ruf disambut Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyati.

Dimulai dengan pemanasan di area Burung Pelikan, Wapres ditemani KU Pengelola Taman Margasatwa Ragunan kemudian berjalan menyusuri jalan-jalan di area salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia ini. 

Baca juga: Bupati Serang Pastikan Anyer Aman Bagi Wisatawan

Kepada KU Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Ma’ruf sempat memberikan arahan agar pengelola Ragunan terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat kepada pengunjung untuk menghindari terjadinya peningkatan kasus covid-19.

"Penerapan prokes ketat harus terus dilakukan kepada para pengunjung terlebih di masa libur Lebaran," pesan Ma’ruf.

Menanggapi arahan tersebut, KU Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyati pun memberikan laporan bahwa untuk menghindari terjadinya peningkatan kasus covid-19, sejauh ini, pengelola telah melakukan berbagai upaya pencegahan, di antaranya pengunjung harus mendaftar daring pada H-1 dan sudah divaksin covid-19.

"Pengunjung dewasa harus sudah divaksin minimal 2 kali sedangkan pengunjung anak minimal sekali. Selain itu, pengunjung harus juga menggunakan aplikasi Peduli Lindungi," terangnya.

Lebih lanjut, Endah menuturkan, di area piknik telah dibuat lingkaran-lingkaran untuk menjaga jarak antarkeluarga pengunjung.

"Di sini kami sudah siapkan lingkaran-lingkaran. Jadi pengunjung dan keluarganya hanya boleh duduk di lingkaran tersebut," jelasnya.

Selain itu, tutur Endah, pengelola juga telah menyebar berbagai spanduk dan poster penerapan prokes seperti imbauan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan etika batuk di tempat umum.

"Terkait spanduk imbauan prokes kami sebar baik di pintu masuk maupun titik-titik di sekitar kandang," ujarnya.

Lebih dari itu, kata Endah, pengelola juga menyediakan keset desinfektan di pintu-pintu masuk dan tempat mencuci tangan di pinggir jalan. 

"Alhamdulillaah, sejak kemarin buka, prokes di Ragunan ketat sekali. Ada juga ini mungkin di tempat lain tidak ada yakni keset desinfektan. Jadi baik kendaraan yang masuk maupun pengunjung wajib melewati keset desinfektan tersebut," ungkapnya.

Tidak hanya mengecek penerapan prokes, pada kesempatan itu, Ma’ruf juga tampak mengecek beberapa kandang satwa seperti Gajah, Jerapah, Burung Unta, dan Gorila. 

Wapres terlihat menanyakan tentang kondisi, asal, dan berapa kali para satwa tersebut diberi makan. 

"Gorila ini diberi makan apa dan berapa kali dalam sehari?" tanya Ma’ruf.

Menjawab pertanyaan tersebut, seorang petugas bernama Helmi Veril memberikan penjelasan bahwa Gorila diberi makan 5 kali dalam sehari berupa roti, madu, buah-buahan, dan sayuran. 

"Pukul 8 pagi sarapan berupa roti dicampur madu dan susu, pukul 9 dan 12 siang diberi makan sayuran dan buah, kemudian pukul 3 sore dan seterusnya diberi full buah-buahan," terang Helmi.

Usai berkelililng area Taman Margasatwa Ragunan dalam waktu kurang lebih 1 jam, Ma’ruf beserta istri dan rombongan kemudian kembali ke kediaman resmi. (OL-1)

Baca Juga

AFP

Pemerintah Susun Instrumen Survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji 1444 H

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 01:00 WIB
Penyusunan Instrumen Survei Kepuasan Jemaah Haji mengacu pada Standar Pelayanan Minimal...
Antara

RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, Upaya Memanusiakan Manusia

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 30 September 2022, 23:55 WIB
PRAKTIK perbudakan rupanya masih berlangsung di Indonesia seperti ditampakkan dari para pekerja rumah tangga (PRT) yang belum mendapatkan...
Instagram @gytr.art

Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni, Merawat Ibu Bhumi

👤 Faustinus Nua 🕔Jumat 30 September 2022, 23:50 WIB
Opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni akan dipentaskan untuk khalayak ramai pada Sabtu 8 Oktober 2022 di Teater Besar Taman Ismail...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya