Kamis 28 April 2022, 09:41 WIB

Aplikasi InaRisk Dukung Mudik Aman dan Sehat 2022

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Aplikasi InaRisk Dukung Mudik Aman dan Sehat 2022

MI
Tangkapan layar panduan seputar mudik Lebaran tahun ini, http://s.id/mudikamansehat2022

 

MENJELANG Idul Fitri 1443 H, Pemerintah terus berupaya mendukung mudik yang aman dan sehat. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, saat ini, sudah ada aplikasi mudik mobile, InaRisk, yang dapat diunduh masyarakat melalui gawai.

"Pemudik bisa mendapatkan informasi jalur mudik utamanya yang terdapat potensi selama perjalanan. Semua informasi sudah ada di situ termasuk jalur-jalur tol baik yg sudah operasi maupun konstruksi," kata Wiku dalam keterangan resmi, dilansir Kamis (28/4).

Pemerintah juga berupaya menyediakan kompilasi berbagai informasi dan panduan seputar mudik Lebaran tahun ini yang dapat diakses dengan lebih mudah oleh siapa saja dan kapan saja di http://s.id/mudikamansehat2022.

Baca juga: Lalu Lintas di Tol Cikampek Padat, Polda Metro Jaya Berlakukan Contraflow

Petugas juga sempat menutup jalur di KM 10 Cikunir yang menuju Elevated atau Jalan Layang Sheikh

"Diharapkan masyarakat dapat memahami informasi tersebut terlebih dahulu sebelum bepergian," sebut Prof Wiku.

Di samping itu, Pemerintah merilis Instruksi Menteri Dalam Negeri yaitu (InMendagri) No.23 Tahun 2022 yang menyatakan diperpanjangnya pemberlakukan PPKM Levelling di Wilayah luar Pulau Jawa. Diantaranya wilayah Sumatra, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

"Dimohon agar pemerintah daerah kabupaten/kota setempat segera menyesuaikan peraturan yang ada dengan hasil assessment level yang diberikan. PPKM ini akan berlaku hingga tanggal 9 Mei 2022," jelas Prof Wiku.

Terakhir, ia berharap ibadah puasa yang dijalani umat muslim selama satu bulan suci Ramadan dapat menjadikannya kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan.

"Selain itu, di hari yang suci tersebut, baiknya kita semua berdoa agar kasus covid-19 tetap melandai bahkan setelah Hari Raya Idul Fitri agar kita semakin siap menjalani transisi pandemi covid-19 dan kembali beraktivitas seperti sedia kala," pesan Prof Wiku. (OL-1)

Baca Juga

MI/HO

KJRI Sambut 25 Mahasiswa Indonesia yang Dapat Beasiswa di UC Davis

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 08:15 WIB
“KJRI San Francisco senang dan bangga dengan 25 mahasiswa Indonesia yang terpilih dalam program IISMA tahun ini di UC Davis, salah...
ANTARA/Adiwinata Solihin

IPB Beri Apresiasi Pemerintah Atas Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 07:35 WIB
Rektor IPB Arief Satria menyampaikan apresiasi kepada pemerintah saat menghadiri acara penyerahan penghargaan di Istana Negara, Jakarta,...
Dok. Kemendikbudristek

Sukses Selenggarakan IOI 2022, Indonesia Pimpin Pemulihan Pendidikan Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 06:32 WIB
IOI jadi salah satu bukti semangat global 90 negara peserta kompetisi bergengsi di bidang informatika guna mewujudkan masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya