Senin 18 April 2022, 18:13 WIB

Waspadai 4 Penyakit Penyebab Kematian Anak di Bawah 5 Tahun

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Waspadai 4 Penyakit Penyebab Kematian Anak di Bawah 5 Tahun

Antara
Petugas medis menyuntik vaksin IPV pada seorang balita di Temanggung, Jawa Tengah.

 

BERDASARKAN laporan UNICEF, sekitar 1 dari 30 balita di Indonesia akan meninggal sebelum usia 5 tahun. Bahkan, di beberapa kabupaten wilayah Indonesia bagian timur, 1 dari 10 balita akan meninggal sebelum usia 5 tahun.

Pada 2020, diketahui sekitar 28 juta balita meninggal per tahun. Dokter spesialis anak dari RS Hermina Yogyakarta, Mei Neni Sitaresmi, mengungkapkan penyebab utama kematian bayi dan balita.

Setidaknya terdapat empat penyakit, yakni radang paru-paru, diare, infeksi otak dan campak. Penyakit ini ternyata bisa dicegah bisa dengan cuci tangan, memakai masker, makanan sehat, vitamin dan dikuatkan dengan imunisasi.

Baca juga: Vaksinasi Dasar Lengkap Anak Perlu Ditingkatkan

"Vaksin untuk radang paru-paru, yakni Pentabio, gratis dan masuk program pemerintah. Kemudian, diare ada vaksin rotavirus, infeksi otak vaksin PCV dan campak vaksin MR," tutur Mei dalam dialog virtual, Senin (18/4).

Menurutnya, anak yang mendapat imunisasi dasar lengkap, memiliki risiko kematian lebih kecil. Manfaat vaksin dikatakannya sangat jelas untuk menghilangkan dan menghindari suatu penyakit.

Baca juga: Kemenkes dan GSK Indonesia Ajak Keluarga Lengkapi Imunisasi

Strategi utama untuk peningkatan vaksinasi dasar, seperti penguatan vaksinasi rutin dengan pemberian vaksin kombinasi atau suntik ganda. Lalu, pada bulan imunisasi nasional, mendorong pelaksanaan imunisasi kejar dan imunisasi tambahan MR.

Berikut, perluasan dan memperkenalkan vaksin baru PCV, rotavirus dan HPV. "Vaksin anak tetap dilakukan dengan protokol kesehatan. Anak di umur 2 bulan ada vaksin ganda. Sehingga, dalam satu waktu bisa dapat beberapa vaksin," jelas Mei.

Untuk imunisasi kejar bagi anak yang telat imunisasi, lanjut dia, harus konsisten mendapatkan vaksin di bulan imunisasi anak.(OL-11)

 

 

Baca Juga

MI/Susanto

Calon Haji Penderita Diabetes Wajib Pakai Alas Kaki yang Nyaman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 Juni 2022, 10:30 WIB
Dengan cuaca yang panas dan kering seperti di Arab Saudi, papar dia, kulit kaki lebih mudah kering, pecah-pecah, hingga terjadi luka yang...
Ist/DPR

Kebijakan Kapolri Listyo Sigit Rekrut Hafiz Quran Masuk Akpol Diapresiasi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 10:26 WIB
Muhammad Rapsel Ali mengatakan, perekrutan lulusan pesantren khususnya para penghafal Alquran untuk masuk Akpol maupun sekolah calon...
MI/Susanto

Jelang Puncak Haji, Kesehatan Jemaah Harga Mati

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 28 Juni 2022, 09:15 WIB
Edy mengatakan pemerintah terus menyampaikan pesan #jangantungguhaus. Pesan itu mendorong jemaah haji menjaga tubuh terhidrasi dan minum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya