Kamis 14 April 2022, 07:20 WIB

90 % Kanker Serviks Disebabkan Virus HPV

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
90 % Kanker Serviks Disebabkan Virus HPV

ANTARA/KAZUHIRO NOGI
Petugas kesehatan menunjukkan jarum suntuk untuk vaksin human papillomavirus (HPV) di rumah sakit di Tokyo, selasa (15/2/2022)

 

VIRUS Human Papiloma Virus (HPV) penting untuk diketahui karena penyebab 90 persen dari kanker di beberapa tempat. HPV pada dasarnya memiliki 200 tipe, sedangkan sekitar 40 tipe di antaranua menyebabkan infeksi di genital atau alat kelamin. Virus ini 90% menyerang kanker leher rahim, 90% menyebabkan kanker anus, 60% kanker vagina, 50% kanker vulva, dan kanker mulut serta tenggorokan 90%.

"HPV tidak selalu kanker yang berada di genital. Selain itu 30 HPV juga bisa menyebabkan penyakit menular seksual, kemudian HPV juga bisa menyebabkan kutil genital yang menginfeksi," kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr.Devi Artami Susetiati, Sp.KK(K) dalam dialog Infeksi HPV, Pertanda Kanker? HPV Awareness Day 2022 dari Perdoksi, Rabu (23/3).

Baca juga: Tips Diet Sehat saat Berpuasa

Baca juga: GE Healthcare dan Elekta Perluas Terapi Radiasi yang Presisi

Devi mengatakan penularan virus HPV paling banyak terjadi melalui hubungan seksual artinya skin to skin contact. Artinya jika kulit yang menderita HPV kemudian menempel dengan kulit yang mengalami lecet sehingga virus mudah masuk. 

Jika imunnya bagus virus bisa terlepas sendiri. Bersalaman atau berpelukan belum tentu tertular atau menularkan HPV. Penularan terjadi jika mikrolesi atau luka kecil yang ditempel oleh HPV sehingga virus mudah menyebar.

Virus papiloma ini juga bisa menyebar kepada anak ketika penderita melahirkan. Sehingga apabila ibu yang ingin melahirkan, kutil di bagian vagina masih ada, maka disarankan operasi caesar. 

"Gejala dari HPV yang tipe bukan di genital itu atau seperti daging tumbuh yang tidak gatal/nyeri dan kalau dipegang bisa di kaki, tangan, dan daerah lain. Kemudian tipe mukosa yang mengenai genital perempuan dan laki-laki bisa di anus, vagina, serviks, penis dan sekitarnya," ujarnya.

Penularan HPV bisa dicegah, untuk anak dengan vaksin HPV, sementara dewasa agar berhati-hati saat melakukan hubungan seksual. Disarankan melakukan hubungan seksual menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, kemudian hindari bersentuhan luka dengan kutil HPV. (Iam/H-3)

Baca Juga

Antara

Itagi Kaji Vaksinasi Covid-19 untuk Balita

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:35 WIB
Kajian yang dilakukan untuk vaksinasi covid-19 pada anak cukup banyak dan pelik. Hal itu berbeda dengan kajian terhadap vaksinasi untuk...
Antara

Atasi PMK, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Darurat pada Ternak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:07 WIB
Sejauh ini, distribusi vaksin PMK sudah menyasar 19 provinsi tertular PMK, seperti Aceh, Lampung, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jawa...
ANTARA / ADITYA PRADANA PUTRA

BMKG: Selatan Jakarta Berpotensi Diguncang Gempa Signifikan

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 13:25 WIB
BMKG punya banyak bukti catatan gempa kecil bahkan dengan magnitudo 4,5 mampu menimbulkan kerusakan karena hiposenternya dangkap dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya