Selasa 05 April 2022, 23:28 WIB

UP Beri Pelatihan Digital Marketing untuk Warga Pulo Gebang 

mediaindonesia.com | Humaniora
UP Beri Pelatihan Digital Marketing untuk Warga Pulo Gebang 

Ist/UP
FEB) Universitas Pancasila (UP) menyelenggarakan dua program pelatihan dan edukasi di wilayah Kelurahan Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur.

 

FAKULTAS Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pancasila (UP) menyelenggarakan dua program pelatihan dan edukasi sebagai bagian dari program kemitraan masyarakat (PKM) sejak awal 2022 di wilayah Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Kegiatan ini menggunakan beberapa pendekatan yaitu pemetaan, pelatihan, dan pendampingan.

Pelatihan dan edukasi yang bertemakan digital marketing dan administrasi keuangan digital ini merupakan ide tim inti PKM Dosen FEB UP. Mereka terdiri dari Dr. Ir. Iha Haryani Hatta, SE MM, Dian Riskarini SE MM, dan Yuli Ardianto SE M.MSi.

Tim inti PKM Dosen FEB UP, Dian Riskarini, menjelaskan dipilihnya kelurahan Pulo Gebang diawali dari pemahaman potensi masyarakat yang besar tetapi masih perlu pembinaan dan pendampingan mitra.

"Kami juga menjalin hubungan baik bersama Ketua Baru TP PKK Kelurahan Pulo Gebang Yayah Syamsiah dan Lurah Pulo Gebang Imran SSos dalam menjalankan PKM," kata Dian yang pernah menjabat Ketua TP PKK Kelurahan Pulo Gebang periode 2010-2014 dalam keterangan pers, Selasa (5/4).

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Peserta Didik Lewat Perbaikan Sistem Pendidikan Nasional

Dian menerangkan fokus awal kegiatan PKM dilakukan pada wadah Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) sebagai fasilitator tanah pekarangan yang biasa dimanfaatkan masyarakat Pulo Gebang dengan koordinasi dan kerjasama pengelola RPTRA serta kelompok kegiatan kader PKK khususnya Pokja III di bawah binaan dan pengawasan tim PKK Kelurahan. 

"Potensi RPTRA sebagai laboratorium hidup pelaksanaan 10 Program PKK sangatlah besar bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

"Melalui peningkatan edukasi dan pelatihan bagi pengelola RPTRA dan kader PKK diharapkan mampu jadi pionir penyebaran ilmu dan keterampilan yang bermanfaat bagi warga sekitar lingkungan RPTRA di wilayah Pulo Gebang," kata dia.

Atas dasar itu, Tim Inti PKM FEB UP melakukan beberapa program pembinaan melalui edukasi dan pelatihan bagi pengelola RPTRA dan para kader PKK khususnya Pokja III di kelurahan Pulo Gebang Jakarta Timur. 

Pada kesempatan perdana, edukasi dan pelatihan dilakukan untuk mendukung upaya pengolahan hasil pemanfaatan tanah pekarangan RPTRA yang ditanami beragam tanaman produktif dan toga, serta pemanfaatan bahan bekas menjadi produk sandang bermanfaat dan berdaya jual.

Edukasi dan pelatihan dilakukan satu hari di RPTRA Damai Indah Rawa Bebek yang dikoordinatori Riza Indriyani.

Peserta pelatihan diikuti 12 pengelola yang mewakili 4 RPTRA di lingkungan kelurahan Pulo Gebang (RPTRA Damai Indah Rawa Bebek, RPTRA Cahaya Ujung Krawang, RPTRA Pulo Gebang Indah, dan RPTRA Pulo Gebang Permai) serta 6 kader PKK Kelurahan.

Pada kesempatan itu, Lurah Imran ikut menyimak rangkaian acara dan secara simbolis menerima bantuan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dari Tim Inti PKM FEB UP kepada pengelola RPTRA dan Pokja III PKK Kelurahan.

Bantuan pemberdayaan berupa alat pendukung pengolahan singkong dan pembuatan minuman bunga teleng serta bantuan pembuatan alat semai hidroponik bagi lahan RPTRA.

"Bantuan pemberdayaan diharapkan mampu mendukung optimalisasi proses pengolahan hasil pemanfaatan lahan pekarangan RPTRA yang banyak ditanami tanaman produktif dan toga seperti bunga teleng, singkong, lidah buaya, bayam, dan lainnya," jelasnya.

"Hasil panen yang sering dilakukan pengelola RPTRA diharapkan dapat dimanfaatkan menjadi produk sehat dan berdaya jual tinggi sehingga bisa jadi tambahan penghasilan yang produktif. Karena itu, hasil panen perlu diolah, dimanfaatkan serta diadministrasikan secara baik," terang Dian.

Karena itulah, pengelola RPTRA dan kader PKK juga diberikan pelatihan dan edukasi berkaitan pemasaran hasil panen dan olah produk secara digital oleh Aulia Keiko H, SIA, SAkt.MM MSE, dan Dr Gunawan Baharuddin SE MEc.

Aulia Keiko  memberikan informasi seputar platform marketing digital yang dapat dijadikan guidance bagi peserta saat ingin melakukan penjualan secara online dan digital.

Selain itu, juga ada Susilawati SE MAk dan Khalida Utami SE MSc yang memberikan praktik pelatihan pembukuan administrasi pengelolaan keuangan secara digital hasil pengolahan pemanfaatan tanah pekarangan serta bahan bekas yang dikelola RPTRA dan kader PKK melalui handphone agar lebih praktis, sistematis, dan fleksibel.

Selain melibatkan tim inti PKM, kegiatan edukasi dan pelatihan dibantu para dosen FEB UP dan beberapa mahasiswa FEB UP sebagai fasilitator.

"Harapan kami, kegiatan ini bisa menginspirasi perubahan bagi peningkatan optimalisasi pemanfaatan hasil tanah pekarangan serta pemanfaatan bahan bekas yang nantinya bisa dijadikan sebagai sumber peningkatan pendapatan masyarakat Pulo Gebang," tutup Dian. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Tingkatkan Daya Saing Nasional, Rerie: Manfaatkan Potensi Kelautan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 16:24 WIB
Meningkatnya kesadaran masyarakat dunia tentang masa depan laut, harus mendorong Indonesia lebih serius mengelola sumber daya kelautan yang...
Antara

BRIN Jajaki Peluang Kerja Sama di Bidang Nuklir dengan Prancis

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:23 WIB
Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang sangat maju di bidang teknologi nuklir. Indonesia pun berharap dapat menjalin kerja sama...
MI/Susanto

Naib Amirul Hajj Minta Pemberangkatan Haji Tahun Depan Lebih Selektif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:00 WIB
"Saya kira ini jadi perhatian kami ke depan agar lebih selektif untuk berangkat jamaah haji Indonesia, dipastikan yang berangkat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya