Minggu 03 April 2022, 12:18 WIB

Jaga Imunitas saat Puasa, Cegah Terpapar Covid-19

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Jaga Imunitas saat Puasa, Cegah Terpapar Covid-19

Antara
Ilustrasi

 

Menjaga sistem imunitas pada bulan puasa menjadi sangat penting karena ketika menjalani shaum seseorang akan mengeluarkan banyak cairan dan energi sehingga imun bisa menurun. Ketika turun maka penyakit akan mudah masuk termasuk virus korona.

"Pada saat berpuasa kita perlu mengatur daya hidup yang sehat pada saat puasa seperti apa sehingga imunitas tubuh tetap baik. Sistem imun kita pada dasarnya dibagi menjadi 3 kelompok besar," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) DR. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si dalam webinar Pemanfaatan Imunomodulator Herbal pada Masa Transisi Pandemi menuju endemi, Minggu (3/4).

Kelompok besar tersebut yaitu biochemical barriers seperti kulit, air mata, asam lambung dan lainnya. Kelompok kedua yakni innate immune system seperti macrophages, neutrophils yang gunanya untuk membunuh mikro organisme yang masuk. Dan kelompok terakhir yakni adaptive immune system yakni lymphocytes B dan T untuk mengenali patogen secara spesifik.

Apabila sistem imun mudah turun maka mikroorganisme yang masuk ke tubuh bisa dengan cepat meningkat jumlahnya dan akan berpengaruh pada keparahan penyakit. Apabila masih kurang respon imun adaptive maka penyebaran mikroorganisme tetap terjadi dengan cepat. Namun jika memiliki sistem imun yang baik maka respons imun membantu tubuh menahan pertumbuhan mikroorganisme.

"Sehingga konsumsi gizi seimbang setiap hari harus dilakukan termasuk sedang berpuasa, saat sahur dan berbuka harus memenuhi gizi seimbang. Hindari makanan dan minuman yang bisa melemahkan respon imun seperti yang mengandung banyak gula," ujar Inggrid.

Kemudian dalam menjaga imun di masa puasa juga tetap melakukan olahraga ringan minimal 30 menit seperti membersihkan rumah, naik turun tangga, dan seperti peregangan tubuh. Inggrid menyarankan olahraga ringan ini sebaiknya dilakukan 2 jam sebelum berbuka atau setelah berbuka.

Selain itu perhitungkan kualitas tidur jangan berkurang banyak karena sahur. Dan tentunya orang yang berpuasa harus bisa mengendalikan stres. "Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan sistem imun yang baik punya peran pencegahan dan tata laksana ketika sudah terkena penyakit. Dengan imun yang baik risiko infeksi akan berkurang dan cepat pulih," pungkasnya. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Upaya Cegah Covid-19, Ashta dan IVtamins Beri Suntikan Vitamin

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 21:11 WIB
Vitamin B Complex dan Vit C 1000 mg digunakan dengan cara yang aman dan efektif dengan menyalurkan nutrisi dan vitamin ke tubuh melalui...
DOK sciencekids.co.nz.

Bagian-Bagian Telinga Manusia dan Fungsinya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 21:07 WIB
Telinga terdiri dari tiga bagian dengan struktur dan fungsinya masing-masing. Di bawah ini bagian-bagian dari telinga beserta...
DOK Pribadi.

Le Minerale Dukung KLHK Gelar Triathlon Kumpulkan Sampah

👤Mediaindonesia.com. 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 20:41 WIB
Akhirnya target Muryansyah melakukan giat Triathlon dengan bersepeda, berenang, dan berlari maraton dari Bali ke Jakarta selama 30...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya