Rabu 30 Maret 2022, 19:50 WIB

Jelang Mudik, Kemenhub Tingkatkan Pengawasan Pada Calo Bus Pariwisata 

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Jelang Mudik, Kemenhub Tingkatkan Pengawasan Pada Calo Bus Pariwisata 

MI/Bang Jam
Bus Antarkota ANtar Provinsi Terparkir di Terminal Induk jati Kudus

 

MENJELANG periode Angkutan Lebaran 2022, muncul fenomena calo atau pun penyelenggara kegiatan yang secara ilegal menawarkan jasa perjalanan mudik menggunakan bus pariwisata. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi menegaskan akan meningkatkan pengawasan untuk mencegah tindakan ilegal itu. 

Merebaknya penawaran tiket mudik menggunakan bus pariwisata oleh calo dikhawatirkan berujung pada penipuan mengenai tarif yang ditawarkan maupun risiko yang sulit untuk diawasi faktor keselamatannya. 

"Kami akan tingkatkan pemeriksaan dan pengawasan pada bus pariwisata gelap sekaligus mengimbau masyarakat untuk tidak tergiur pada tawaran harga murah, tapi tak terjamin keamanannya,” tegasnya dalam rilis resmi, Rabu (30/3). 

Budi berujar, oknum yang menawarkan tiket mudik murah dengan bus pariwisata ini patut diwaspadai karena belakangan sudah mulai gencar menawarkan jasa untuk mengantarkan mudik. 

Baca juga : Presiden Persilakan Masyarakat Berlibur ke Tempat Wisata

"Sayangnya mereka bukan dari perusahaan otobus resmi dan beroperasi tanpa izin resmi, tidak terdaftar. Dikhawatirkan kalau kendaraannya sudah lama tidak diuji kir, maka faktor keselamatan jadi taruhannya," ujarnya. 

Untuk mewujudkan Angkutan yang Berkeselamatan, Ditjen Hubdat akan meningkatkan pengawasan terhadap keberadaan angkutan pariwisata ilegal yang tidak berizin. 

Pengawasan itu menyasar pada unsur kesehatan baik pengemudi dan kru patut diperhatikan sebelum bertugas. 

Sementara bagi pengusaha bus pariwisata yang berizin diharapkan untuk melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap armada yang dimilikinya, terutama menjelang Angkutan Lebaran 2022. 

“Saat melakukan ramp check dimohon agar berkoordinasi dengan Dishub setempat, ada kemungkinan terdapat armada bus pariwisata yang lama tidak dioperasikan selama masa pandemi,” ucapnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/HO

KJRI Sambut 25 Mahasiswa Indonesia yang Dapat Beasiswa di UC Davis

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 08:15 WIB
“KJRI San Francisco senang dan bangga dengan 25 mahasiswa Indonesia yang terpilih dalam program IISMA tahun ini di UC Davis, salah...
ANTARA/Adiwinata Solihin

IPB Beri Apresiasi Pemerintah Atas Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 07:35 WIB
Rektor IPB Arief Satria menyampaikan apresiasi kepada pemerintah saat menghadiri acara penyerahan penghargaan di Istana Negara, Jakarta,...
Dok. Kemendikbudristek

Sukses Selenggarakan IOI 2022, Indonesia Pimpin Pemulihan Pendidikan Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 06:32 WIB
IOI jadi salah satu bukti semangat global 90 negara peserta kompetisi bergengsi di bidang informatika guna mewujudkan masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya