Minggu 13 Maret 2022, 23:45 WIB

Pekerja Migran Indonesia Diminta Tetap Jaga Semangat Belajar

Widhoroso | Humaniora
Pekerja Migran Indonesia Diminta Tetap Jaga Semangat Belajar

Ist
Universitas Terbuka

 

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta agar para pekerja migran Indonesia (PMI) untuk tetap menjaga semangat belajar.

"Kami mengucapkan selamat untuk 33 wisudawan yang diwisuda hari ini di Universitas Terbuka (UT). Semangat belajar ini harus terus menyala agar PMI dapat meningkatkan kompetensinya. Hal ini patut disyukuri dan diapresiasi,” ujar Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Prof Nizam dalam wisuda UT Pokjar Singapura 2022, Minggu (13/3).

Sebanyak 33 wisudawan lulus dari berbagai program studi UT Pokjar Singapura yaitu delapan orang pada program studi Sastra Inggris bidang minat Penerjemahan, delapan orang bidang Manajemen, sembilan orang pada Akuntansi, tiga orang pada Ilmu Pemerintahan, dua orang pada Ilmu Administrasi Negara, dan tiga orang pada Ilmu Komunikasi.

Nizam mengatakan dengan bekal ilmu pengetahuan yang didapat, diharapkan dapat menunjang PMI di luar negeri dalam meningkatkan karirnya. Semangat belajar sepanjang hayat harus terus dijaga agar dapat mengembangkan diri dan berprestasi.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT, Rahmat Budiman MHum, PhD mendorong agar semakin banyak PMI di luar negeri yang dapat melanjutkan pendidikan di UT. Saat ini, jumlah PMI yang berkuliah di UT masih kecil dibandingkan jumlah PMI keseluruhan di luar negeri.

Jumlah PMI yang menjadi mahasiswa UT sebanyak 2.303 mahasiswa dan 149 diantaranya ada di Singapura. Jumlah tersebut sangat kecil dibandingkan keseluruhan PMI di luar negeri yang berjumlah 1,8 juta orang. "Kami berharap para PMI yang saat ini diwisuda dapat mengajak rekan-rekannya untuk melanjutkan pendidikan di UT,” harap Rahmat.

Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo mengaku bangga dengan para PMI yang diwisuda. Dubes menyatakan Universitas Terbuka merupakan pengejawantahan amanat UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 yang menyebut setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan akses pendidikan tanpa memandang usia, jenis kelamin, status sosial, suku, agama maupun ras. Dubes juga mengimbau setiap warga negara Indonesia yang berada di Singapura dan ingin melanjutkan pendidikan untuk bergabung dengan Universitas Terbuka Pokjar Singapura.(Ant/OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

Masyarakat Diingatkan untuk Berhati-Hati Saat Bermedia Sosial

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:00 WIB
"Isu seks, agama, dan politik, ketiganya masuk kategori tema yang sensitif dan multitafsir untuk dibicarakan di media...
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Ini Rangkaian Upacara Pengibaran Bendera di Istana Merdeka

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 07:21 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara beserta Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan memasuki tempat upacara pada 9.56...
ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id

Yuk Mengenal 3 Jenis Perpindahan Kalor dan Contohnya

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 04:30 WIB
Perpindahan kalor ada 3 macam yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan oleh berbagai macam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya