Jumat 04 Maret 2022, 15:33 WIB

Pemerintah Optimis Pelaksanaan Haji 1443H

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Pemerintah Optimis Pelaksanaan Haji 1443H

AFP
Masjidil Haram di Kota Mekkah, Arab Saudi.

 

PELAKSANAAN Ibadah Haji tahun ini masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah Arab Saudi. Pemerintah Indonesia dalam hal ini, Kementerian Agama telah menyiapkan 3 skenario terkait hal tersebut.

Direktur Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU), Hilman Latief mengatakan saat ini pihaknya telah mengirimkan delegasi ke Arab Saudi guna menunggu keputusan resmi terkait ibadah ke tanah suci.

“Insyallah, tim saya sudah di Saudi, bila ada pengumuman kita sudah siap secara teknis,” ujarnya sat dihubungi, Jumat (4/3).

Kemenag telah memperisapkan 3 skenario yakni kebernagkatan dengan kuota penuh, kuota terbatas dan tidak memberangkatkan jemaah haji. Pelaksanaan ibadah haji hanya menyisakan waktu kurang dari 5 bulan.

Konsulat Jendral Republik Indonesia, Endang Jumali mengatakan, saat ini haji masih dalam pembahsan secara internal Pemerintah Arab Saudi.

Baca juga: Bertemu Muslimat NU dan Santri di Sumenep, Puan Bicara Trilogi Ukhuwah

“Semua tergantung keputusan arab saudi, mengenai target tentu masing masing skenario yang sudah disiapkan pemerintah sudah dipertimbangkan deadline dan mitigasi risikonya,” ujar Endang.

Melihat kondisi Arab Saudi yang sudah membaik dari segi pandemi covid-19, serta Indonesia yang telah siap dari sisi kebernagkatan, Endang optimis tahun ini jemaah Indonesia akan beribadah Haji kembali.

“Kondisi di Saudi sangat baik, angka terpapar covid-19 sudah di bawah 1000 dan vaksinasi telah mencapai 90 persen, kita optimis, makanya dengan paling tidak 3 skenario itu sebagai indikator pemerintah RI sudah siap dan optimis,” jelasnya.

Terpisah, Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Bukhori mendorong Kemenag untuk melakukan ekstra diplomasi dengan arab Saudi agar mendapatkan kepastian keikutsertaan.

“Kami mendoorng Kemenag khususnya Dirjen Haji agar segera persiapkan mengenai keberangkatannya haji 1443H meskipun belum ada kepastian, dan harus lakukan ekstra diplomasi,” jelasnya.

“Selain itu haji saat ini tentu sangat Peru perhatikan prokotol kesahatan dengan tidak mengabaikan aspek inti dalam ibadah haji,” pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Ist

Mabes Polri Gelar Doa Lintas Agama untuk Indonesia yang Lebih Baik

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:39 WIB
Acara ini merupakan upaya ikhtiar batiniah untuk kebaikan Bangsa...
Instagram Kemenkes RI

Cara Penularan Hepatitis Akut Misterius Mirip Hepatitis A

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:05 WIB
Hepatitis akut misterius yang menjangkiti Indonesia saat ini memiliki kemiripan gejala dan cara penularan dengan hepatitis...
Antara

54 Perguruan Tinggi Siap Bersaing di Kontes Robot Indonesia 2022

👤Renatha Swasty 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:05 WIB
KONTES Robot Indonesia (KRI) 2022 tingkat nasional resmi digelar luring setelah dua tahun dilaksanakan daring akibat pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya