Rabu 23 Februari 2022, 16:43 WIB

PTM Dihentikan Sementara Lantaran Guru dan Siswa SD juga SMP Positif Covid-19

Lina Herlina | Humaniora
PTM Dihentikan Sementara Lantaran Guru dan Siswa SD juga SMP Positif Covid-19

ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi pembelajaran tatap muka.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Muhyiddin Mustakim mengaku menerima laporan adanya guru serta siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Akibatnya, proses pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Makassar dihentikan sementara waktu, lantaran jumlah  yang terkonfirmasi positif  mencapai 68 orang terdiri dari 19 orang untuk tingkat SMP dan 49 di tingkat SD. "Mau tidak mau proses belajar mengajar kita jadikan daring (dalam jaringan) kembali untuk sementara waktu. Lantaran khusus untuk tingkat SD, yang terkonfirmasi positif itu malah sebagian besar adalah guru atau staf pengajarnya," ungkap Muhyiddin.

Siswa SMP dan SD sudah diliburkan sejak Senin (21/2). "Rencananya besok Kamis (24/2) kita akan diambil keputusan apakah pembelajaran dilakukan secara daring atau kembali PTM, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di sekolah," lanjut Muhyiddin, Rabu (23/2).

Bahkan menurutnya, pihaknya mendapat laporan dari pihak sekolah jika sebelum ada informasi siswa dan guru positif Covid-19, pada hari yang sama, sebanyak 977 siswa yang tidak hadir mengikuti PTM karena sakit, bahkan saat daring ini pun, ada laporan ratusan siswa juga sakit.

"Kita akan meminta pertimbangan dari epidemiologi untuk memastikan pelaksanaan PTM. Selain itu, kami akan berkoordinasi dengan seluruh kepala sekolah kondisi terkini di sekolah," seru Muhyiddin.

Ditambah lagi serunya, kondisi cuaca yang ekstrem ikut andil menyumbang peserta didik terkendala untuk menghadiri PTM. "Jadi tidak hanya Covid-19, banyak siswa yang dilaporkan sakit akibat cuaca dan semua melaporkan tidak bisa belajar karena demam," pungkas Muhyiddin. (LN)

Baca Juga

dok.Ant

BMKG: Hari Ini Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berawan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:47 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia hari ini, Jumat (12/8) cerah...
Dok pribadi

Kurangi Sampah Organik, Mahasiswa Undip Ajak Warga Buat Kompos Takakura  

👤Oryza Khansa Azzahra, Mahasiswa Teknik Lingkungan Undip 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:35 WIB
AMPAH saat ini sampah menjadi permasalahan yang sudah mencapai skala...
Dok. Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia Bantu Segmen Pendidikan Islam Lewat Total Solutions

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:20 WIB
Solusi yang disiapkan diperuntukan untuk yayasan/sekolah, owner, guru/karyawan serta wali murid sehingga menyentuh seluruh aspek...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya