Minggu 20 Februari 2022, 05:55 WIB

HWE Saran ke Pemerintah Karantina bagi PPLN Dihapus, Diganti VTL

mediaindonesia.com | Humaniora
HWE Saran ke Pemerintah Karantina bagi PPLN Dihapus, Diganti VTL

dok@instagram
Ketua Umum Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas) Hasnaeni (HWE)

 

KETUA Umum Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas) Hasnaeni (HWE) kembali memberikan masukan kepada pemerintah terkait aturan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Menurutnya kebijakan tersebut saat ini tak dibutuhkan.

Ia menduga, ketentuan wajib karantina dibuat guna menguntungkan pihak tertentu. "Kalau tidak ada karantina di Jakarta, maka hotel-hotel dari bintang tiga, bintang empat, bintang lima itu berpotensi bangkrut," katas Hasnaeni, Minggu (20/2), dalam keterangannya.

Ia menyarankan pemerintah mencontoh negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Australia dan Singapura. Dimana karantina menyikapi virus corona tak lagi diberlakukan, dengan syarat tertentu.

"Harusnya kita mencontoh negara-negara maju, misalnya Amerika, Australia, Singapura. Nah harusnya WNI atau WNA itu tidak perlu karantina," ujarnya.

Menurut Hasnaeni, seharusnya bisa saja Indonesia meniru Singapura. Yang meniadakan karantina, dan menggantinya dengan kebijakan vaccinated travel lane (VTL). VTL merupakan kebijakan yang membolehkan wisatawan asing masuk ke negara mereka, asal telah menjalani vaksinasi Covid-19 secara penuh. Ini dinilainya lebih efektif, dan tak membebani keuangan negara.

"Yang penting selama masa inkubasi tiga hari, Covid di dalam kita, kalau memang ada masa inkubasinya, itu mereka beli VTL saja. Dan WNA selama di Indonesia, itu menggunakan VTL. Sehingga tidak menyusahkan negara," tandas Hasnaeni. (OL-13)

Baca Juga

Ilustrasi

Psikolog: Teknologi Bisa Dimanfaatkan untuk Kemampuan Sosialisasi Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:55 WIB
Anna mencontohkan dengan bantuan orang tua sesama anak bisa memanfaatkan gawai untuk saling...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

47.427 Peserta Siap Ikuti Ujian Mandiri SIMAK UI 2022

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:45 WIB
Seperti penyelenggaraan ujian pada tahun sebelumnya, ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional dilaksanakan lebih cepat dari ujian S1 Reguler,...
Antara

Sepekan Jelang Closing Date, 76.421 Jemaah Haji Sudah Diberangkatkan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:02 WIB
Pada Selasa (28/6) ini, sebanyak 2.923 jemaah haji Indonesia kembali diberangkatkan. Mereka terbagi dalam tujuh kelompok terbang dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya