Kamis 27 Januari 2022, 17:58 WIB

DKI Jakarta Jadi Medan Perang Pertama Lawan Omikron

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
DKI Jakarta Jadi Medan Perang Pertama Lawan Omikron

MI/RAMDANI
Warga dari berbagai wilayah Jakarta dan sekitar tetap antusias mendatangi kawasan GBK untuk olahraga meski penyebaran omikron bertambah.

 

BERDASARKAN data dari Kementerian Kesehatan DKI Jakarta menjadi medan perang pertama melawan covid-19 varian omikron sebelum menyebar ke provinsi terdekatnya hingga menuju ke Provinsi Bali.

"Pola penyebaran omikron mulainya di Jakarta dulu. Kalau saya lihat polanya bergeser ke Jawa Barat dan Banten kemudian ke Jawa Timur hingga Bali, baru ke Jawa Tengah dan DI Yogyakarta," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara daring, Kamis (27/1).

Kira-kira urutannya seperti itu kalau kita lihat pola penyebaran dari Genome Sequence Kementerian Kesehatan.

Namun dalam medan perang pertama ini DKI Jakarta lebih beruntung karena vaksinasi booster dan dosis lengkap pada lansia relatif tinggi, ini akan membantu memberikan kekebalan pada masyarakat yang rentan.

"Inj menjadi medan perang pertama dan mudah-mudahan DKI Jakarta yang termasuk paling siap kita bisa menguji strategi kita seperti apa. Kita berharap daerah lain yang masih rendah vaksinasinya agar lebih dipercepat," ujar Budi.

Baca juga: Waspada, Kasus Covid-19 pada Anak akibat Varian Omikron Meningkat

Vaksinasi lansia setiap daerah memang bervariasi Kementerian kesehatan sudah menampilkan data pada pertemuan dengan gubernur dan meminta para kepala daerah bupati, walikota, dan gubernur agar segera memvaksinasi semua masyarakat lansia di daerah masing-masing.

"Karena penting sekali ini masyarakat lansia ini divaksin melindungi mereka. Saya minta kepada rekan-rekan untuk mendorong daerah-daerah yang masih rendah terkait vaksinasi lansia untuk segera dipercepat," ungkapnya.

Menkes terus menjaga komunikasi dengan para kepala daerah dan Kapolri yang sering membantu vaksinasi di daerah untuk lansia.

Hingga Hari ini angka positif harian mencapai 8.077 kasus sehingga total kasus menjadi 4,3 juta orang. Untuk vaksinasi booster baru 1,3 juta orang dengan tambahan harian mencapai 5.828 orang. (A-2)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Haris Pertama Kembali Terpilih Menjadi Ketua Umum KNPI

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:30 WIB
Kongres DPP KNPI menghasilkan Haris Pertama menjadi Formatur/Ketua Umum kembali untuk periode...
MI/M, Irfan

Rasio Kesembuhan Kasus Covid-19 di Indonesia Capai 97,3 Persen

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 22:15 WIB
Sehingga angka kumulatifnya terus meningkat melebihi 5,8 juta orang sembuh atau tepatnya 5.892.126 orang...
Dok.MOM

Merayakan Hidup dan Semangat Para Ibu di MomFest 2022 #CelebratingMOM5

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 21:58 WIB
MomFest #CelebratingMoM5 dihadiri lebih dari 300 peserta secara offline dan online serta dimeriahkan oleh figur publik dan para ahli di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya