Rabu 26 Januari 2022, 14:03 WIB

IPDN Dorong Praja Perkuat Spritual Hadapi Tantangan Zaman

Ant | Humaniora
IPDN Dorong Praja Perkuat Spritual Hadapi Tantangan Zaman

Dok IPDN
Rektor IPDN Hadi Prabowo dalam Leadership Alignment Session, Rabu (26/1)

 

INSTITUT Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) berupaya mendorong praja sebagai calon aparatur sipil negara (ASN) agar memiliki spiritual yang kuat dan berakhlak mulia untuk menghadapi tantangan zaman sehingga bisa melaksanakan tugas menjalankan pemerintahan dengan baik. Demikian disampaikan Rektor IPDN Hadi Prabowo dalam Leadership Alignment Session, Rabu (26/1)

“Siraman rohani ini masuk kedalam kerangka penguatan mental dan spiritual untuk mewujudkan dan memantapkan jati diri ASN maupun praja IPDN untuk dapat bekerja maupun belajar dengan landasan penuh keimanan, ketaqwaan dan berakhlak," ujar Hadi Prabowo dalam kegiatan yang menghadirkan penceramah Ustaz Das'ad Latif di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kegiatan itu diikuti sekitar 5.849 orang yang dilaksanakan secara luring di Kampus IPDN Jatinangor dan daring dengan praja dan karyawan IPDN di berbagai kampus daerah di Indonesia.

Ia menambahkan, kegiatan ini dilakukan untuk membentuk kepribadian praja yang holistik yaitu kepribadian yang mewujudkan ketahanan hidup berdasarkan pada nilai-nilai agama dan spiritual, penguasaan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan yang mumpuni. 

"Pentingnya agama menjadi landasan hidup, dengan tantangan yang semakin kompleks khususnya terkait perkembangan IT dan globalisasi sering kali membuat kita terjebak didalam suatu hal yang mungkin bisa melunturkan keimanan dan rasa nasionalis bangsa. Era teknologi ini bisa memunculkan ego kelompok, egosentris yang mengakibatkan kita tidak mempunyai rasa solidaritas dan mungkin itu tidak sejalan dengan etika, budaya dan agama yang kita yakini," tandas Hadi. 

Hadi Prabowo berharap praja IDPN sebagai kader pamong praja dan calon pemimpin mampu mempertahankan dan mewujudkan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia.  Selain harus mampu menguasasi teknologi dan mampu hidup berdampingan dengan bangsa lain, praja IPDN juga harus mampu menunjukan karakteristik bangsa Indonesia dan mampu meningkatkan jiwa nasional dan kepribadian.

Pada tausiahny Ustaz Das’Ad mengatakan, praja yang saat ini sedang mengikuti pendidikan di Kampus IPDN nantinya akan menjadi orang yang memiliki kemampuan untuk mengelola negara agar lebih baik.

Ia mengingatkan seluruh praja IPDN agar terus bersyukur bisa belajar di IPDN. Karena dari sekian banyak orang hanya orang yang terpilih dan memiliki kemampuan ilmu yang bisa masuk IPDN, untuk itu harus disyukuri dengan belajar dan menjaga akhlak. "Salah satu tujuannya agar keluarnya dari IPDN ini punya akhlak yang baik dan ilmu," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Ist

Seminar Nasional CORE UPJ 2022 Sukses Kupas Komunikasi Pasca-Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 11:33 WIB
CORE merupakan acara yang mewadahi para akademisi, praktisi, dan mahasiswa komunikasi untuk berbagi padangan dalam hal memecahkan masalah...
Medcom

Kecemasan dan Depresi Tingkatkan Risiko Penyakit Kronis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 17 Mei 2022, 11:30 WIB
"Ada cukup penelitian untuk memberi tahu kami bahwa ketika seorang pasien yang memiliki kondisi kesehatan mental akan membutuhkan...
Ist

Brand Baju Lokal Ajak Tenaga Kesehatan 'Go the Extra Mile'

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 11:19 WIB
Kampanye ini ditujukan untuk memberikan inspirasi dan semangat kepada  para tenaga kesehatan di Indonesia agar dapat menggali...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya