Jumat 07 Januari 2022, 22:15 WIB

Kemendikbudristek Beri Opsi Penerapan Kurikulum Prototipe 2022 untuk Pemulihan Pembelajaran 

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Kemendikbudristek Beri Opsi Penerapan Kurikulum Prototipe 2022 untuk Pemulihan Pembelajaran 

Dok. Pahamify
Webinar membahs Kurikulum Prototipe 2022 yang digelar Pahamify dengan Kemendibudristek

 

DALAM rangka mendorong pemulihan pembelajaran di masa pandemi Covid-19, Pemerintah akan melakukan revitalisasi pendidikan Nasional. Hal ini salah satunya diwujudnyatakan melalui pemberian opsi penerapan Kurikulum Prototipe pada Tahun Ajaran 2022. PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) menyambut baik upaya Pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia. 

Yogi Anggraena dari Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menjelaskan, kurikulum Prototipe 2022 melanjutkan arah pengembangan kurikulum sebelumnya yang dirancang untuk mengembangkan murid secara holistik; berbasis kompetensi yang ingin dikembangkan dan bukan berdasarkan konten atau materi; serta dirancang sesuai konteks dan terpersonalisasi sesuai kebutuhan murid. 

"Pembelajaran yang dijalankan pada Kurikulum Prototipe 2022 akan berbasis proyek untuk pengembangan soft skills dan karakter siswa. Kurikulum ini juga akan berfokus pada materi esensial sehingga ada waktu yang cukup untuk pembelajaran mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi," katanya dalam webinar Paradigma dan Implementasi Kurikulum Prototipe 2022 untuk SMA Sederajat yang diselenggarakan Pahamify, Jumat (7/1) 

Ia menambahkan, kurikulum Prototipe memberikan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal. 

Baca juga : Sering Kebas dan Kesemutan, Bisa Jadi Gula Darah Tinggi

Sebagai informasi, program peminatan/penjurusan nantinya tidak diberlakukan. Di kelas XI dan XII, siswa mengikuti mata pelajaran dari Kelompok Mata Pelajaran Wajib, dan memilih mata pelajaran dari kelompok MIPA, IPS, Bahasa, dan Keterampilan Vokasi sesuai minat, bakat, dan aspirasinya. 

Chief Executive Officer (CEO) Pahamify Syarif Rousyan Fikri mengatakan, pihaknya menyambut baik kebijakan Kemendikbudristek dalam menerapkan Kurikulum Prototipe 2022. Kurikulum ini tentunya akan semakin mendorong semangat merdeka belajar siswa. 

"Sebagai platform belajar digital, Pahamify juga akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik sehingga siswa mampu meningkatkan prestasi akademiknya," tegasnya. 

Webinar bersama Kemendikbudristek itu merupakan kegiatan dari Teacher Community Pahamify untuk memberikan nilai tambah bagi pendidikan di Indonesia. Dalam penyelenggaraan webinar dan pelatihan bagi guru, siswa, maupun orang tua, Pahamify senantiasa bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari Kementerian, Lembaga Swasta, hingga sejumlah publik figur. (RO/OL-7)

Baca Juga

AFP/Raymond Roig.

Jalan Kaki usai Makan Bantu Kadar Gula Darah Stabil

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 15:03 WIB
Sekarang ada manfaat lain untuk ditambahkan ke daftar yakni berjalan hanya 2-5 menit setelah makan dapat membantu mencegah lonjakan gula...
Ist

Kemeriahan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Swiss-Belhotel Mangga Besar

👤mediaindonesi.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:38 WIB
Menyambut hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Swiss-Belhotel Mangga Besar, Jakarta menawarkan promo menginap...
Ist

Dukung Pelestarian Hutan Melalui Sertifikasi FSC

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:29 WIB
Manusia membutuhkan banyak dari hutan dengan sumber dayanya, hutan mampu memberikan begitu banyak untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya