Senin 27 Desember 2021, 09:41 WIB

Mayoritas Kasus Covid-19 Varian Omikron di Indonesia OTG

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Mayoritas Kasus Covid-19 Varian Omikron di Indonesia OTG

Medcom
Ilustrasi

 

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, hingga saat ini, kasus konfirmasi covid-19 varian Omikron di Indonesia telah mencapai 46 kasus dan hampir seluruhnya adalah pelaku perjalanan luar negeri. Sisanya adalah petugas di Wisma Atlet, Jakarta.

Pemerintah akan terus memperkuat testing dan tracing di Indonesia karena dalam beberapa hari terakhir dianggap terjadi penurunan. Mayoritas kasus covid-9 varian Omikron yang ditemukan di Tanah Air merupakan tanpa gejala.

"Kasus OTG (orang tanpa gejala) yang ditemukan banyak sekali dari Omikron ini dari 46 kasus yang disebutkan tadi," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (27/12).

Baca juga: Satu Pasien Covid-19 Varian Omikron Lolos Karantina di Wisma Atlet

Luhut menegaskan, kasus covid-19 yang terjadi di Tanah Air masih berada pada tingkat yang rendah dibandingkan negara lain. Misalnya di Inggris saja, per (20/12), mencatat 45 ribu kasus Omikron.

Pemerintah, diakui Luhut, tetap hati-hati dan waspada. Melakukan monitoring terhadap data covid-19 secara ketat hingga level kabupaten kota.

"Sebagaimana saya sampaikan minggu lalu, pengetatan kegiatan masyarakat baru akan dilakukan ketika sudah melebihi threshold tertentu, dengan memperhatikan tidak hanya kasus harian, tetapi juga kasus perawatan rumah sakit dan kematian," ucap Menko Marves.

Dia juga menuturkan, di Indonesia sudah 164 hari kasus tetap rendah, sejak puncak kasus varian delta pada 15 Juli lalu dan hingga saat ini belum terlihat adanya indikasi peningkatan kasus akibat gelombang covid-1 varian Omikron.

"Dapat kami jelaskan juga bahwa hingga saat ini tingkat perawatan di rumah sakit dan tingkat kematian masih menunjukkan tanda-tanda yang terkendali," kata Luhut. (OL-1)

Baca Juga

organicfacts.net

Dua Dokter Berkolaborasi Mengubah Standar Kecantikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:28 WIB
Kami ingin mengubah sudut pandang orang nggak ada yang instan dan cantik nggak harus...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Lima Provinsi Penyumbang Kasus Harian Covid-19 Terbanyak

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:10 WIB
DKI Jakarta menjadi provinsi penyumbang kasus terbanyak dengan jumlah 104 orang. Terdiri dari 92 kasus penularan lokal dan 12 kasus dari...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Banyak CPNS Mengundurkan Diri, Sosiolog: Lulusan Terbaik Enggan jadi PNS

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:58 WIB
Budaya kerja birokrasi yang penuh penyimpangan anggaran serta sistem karir yang politis dan kolusi juga menurutnya menjadi faktor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya