Senin 20 Desember 2021, 18:48 WIB

Mudik tak Dilarang Saat Nataru, Vaksinasi Lengkap Jadi Syarat Perjalanan Jauh 

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Mudik tak Dilarang Saat Nataru, Vaksinasi Lengkap Jadi Syarat Perjalanan Jauh 

Antara/Fauzan
Suasana aktivitas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta jelang natal dan tahun baru

 

KEMENTERIAN Perhubungan menegaskan, tidak melarang adanya kegiatan mudik saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). 

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, vaksinasi covid-19 dosis lengkap menjadi syarat utama dalam perjalanan jauh bagi penumpang transportasi darat, laut maupun udara saat Nataru. 

"Perlu ditegaskan, tidak ada penyekatan, yang ada hanya pengetatan protokol kesehatan," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (20/12). 

Selain vaksinasi, persyaratan lain bagi penumpang perjalanan jauh ialah melampirkan hasil negatif tes Antigen 1x24 jam yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi. 

Baca juga : Penumpang Terus Bertambah, KAI Commuter Imbau Disiplin Protokol Kesehatan

Sementara, bagi anak -anak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes PCR 3x24 jam. Adita menambahkan, pembatasan kapasitas di semua moda transportasi juga diberlakukan. 

Di transportasi darat akan diatur sesuai level PPKM dan jenis modanya. Untuk kapasitas transportasi laut, yakni 75% dari kapasitas maksimal. Sedangkan, transportasi udara kapasitasnya hampir 100% dengan syarat harus ada 3 baris kosong untuk penumpang yang menunjukkan gejala covid-19. 

"Begitupun dengan kereta api yang dibatasi 70% untuk antarkota. kereta api perkotaan 70%, sementara kereta commuter 45%," kata Adita. 

Untuk mengantisipasi omikron, pintu masuk internasional juga sudah dibatasi. Lewat jalur udara hanya boleh masuk dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, lalu di Bandara Sam Ratulangi, Manado dan I Gusti Ngurah Rai, Bali. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/HO.MCH2022

Calon Haji Bervisa tidak Resmi Dipulangkan ke Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 04:15 WIB
Sejumlah jamaah mengaku telah mengeluarkan biaya antara Rp200 juta hingga Rp300 juta agar bisa berangkat haji dengan jalur tanpa antre...
 ANTARA/Maulana Surya

Benarkah Cabut Gigi Atas Bisa Sebabkan Kebutaan?

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:55 WIB
Rumor tersebut juga masih saja menjadi keyakinan bagi sebagian masyarakat, bahkan sering kali dijadikan sebagai salah satu alasan untuk...
Antara

50,8 Juta Masyarakat Sudah Divaksin Booster

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 22:35 WIB
Penyuntikan vaksin dosis kedua juga bertambah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya