Jumat 17 Desember 2021, 22:33 WIB

Sebanyak 50,82 Persen Warga Lhokseumawe Sudah Divaksinasi

Ant | Humaniora
Sebanyak 50,82 Persen Warga Lhokseumawe Sudah Divaksinasi

Antara
Ilustrasi

 

DINAS esehatan Kota Lhokseumawe, Aceh, mencatat 50,82%  atau 73.478 orang dari target 144.585 orang di daerah itu sudah divaksinasi COVID-19 dosis pertama.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe Helizar di Lhokseumawe, Jumat, mengatakan untuk warga yang sudah menerima vaksinasi dosis kedua sebanyak 41.380 orang atau 26,62%.

"Sementara, untuk vaksinasi dosis ketiga hanya menyasar tenaga kesehatan. Yang sudah divaksinasi sebanyak 1.537 orang atau 55,75 persen dari total sasaran sebanyak 2.757 orang," kata Helizar, Jumat (17/12).

Belum tercapai target 70% vaksinasi hingga akhir Desember ini karena berbagai penyebab. Di antara vaksinasi pelajar dan mahasiswa, harus ada izin orang tua.

Izin orang tua ini juga menjadi kendala. Hal tersebut menuntut petugas bekerja lebih optimal dalam meyakinkan masyarakat akan pentingnya vaksinasi .

"Banyak orang tua yang belum mengizinkan anaknya divaksinasi karena alasan berbagai hal di antaranya informasi bohong terkait vaksin COVID-19," kata Helizar.

Adapun target vaksinasi COVID-19 adalah kelompok tenaga kesehatan, lanjut usia, pelayanan publik, masyarakat umum dan remaja. "Kami bekerja sama dengan TNI dan Polri terus menggencarkan program vaksinasi nasional dengan menyosialisasikan serta menyediakan gerai-gerai vaksinasi mempermudah masyarakat mengikuti vaksinasi," kata Helizar.

Terkait stok vaksin, kata Helizar, pihaknya tidak memiliki kendala karena saat ini ketersediaan vaksin COVID-19 dapat dipantau melalui aplikasi sistem monitoring imunisasi dan logistik elektronik.

"Stok vaksin masih aman, baik jenis Sinovac maupun Moderna. Jika pun terpantau hampir habis, maka kita langsung usulkan penambahan ke provinsi," kata Helizar.

Program vaksinasi sudah terbukti dapat menekan penyebaran COVID-19. Kemudian vaksin juga aman dan halal untuk digunakan sebagai ikhtiar melawan pandemi.

"Angka kasus COVID-19 di Lhokseumawe sudah dapat dikendalikan. Hal tersebut terjadi akibat mulai tingginya minat masyarakat mengikuti vaksinasi dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya