Selasa 14 Desember 2021, 23:25 WIB

Pembelajaran Anak Usia Dini TK Islam Alazka Terapkan Model Holistik Integratif 

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pembelajaran Anak Usia Dini TK Islam Alazka Terapkan Model Holistik Integratif 

Dok, Pribadi
Kunjungan Bunda PAUD Jakarta Utara ke TK Islam Al Azhar Kelapa Gading

 

PENDIDIKAN anak sejak dini menjadi penting karena sebagai titik sentral untuk membangun pondasi dasar kepribadian anak, demi menjadi manusia yang beradab di masa mendatang. Oleh karena itu dibutuhkan pendidikan yang menyeluruh untuk memenuhi hak anak, salah satunya adalah dengan menyekolahkannya di sekolah yang menerapkan holistik integratif.  

Holistik integratif adalah pendidikan yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti nilai moral, etis, religius, psikologis, filosofis, dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh antara jiwa dan badan serta aspek material dan aspek spiritual untuk memenuhi kebutuhan esensial anak. 

Salah satu sekolah yang telah menerapkan pendidikan holistik integratif ialah TK Islam Al-Azhar Kelapa Gading (Alazka) 

Ketua Kelompok Kerja Bunda PAUD Jakarta Utara Rahayu Asih dalam kunjungannya ke TK Islam Alazka mengapresiasi pendidikan PAUD berkualitas yang diterapkan disana. 

“TK Islam Alazka menjadi bagian penting dalam merdeka belajar untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045, kita akan bangga sepuluh..dua puluh tahun kemudian bahwa anak-anak lulusan dari TK Alazka akan menjadi anak-anak yang hebat dan tangguh," ujar Rahayu. 

Baca juga : Lestarikan Budaya dan Kesenian, Universitas Praseiya Mulya Gelar "Ragam" 

Kepala Sekolah TK Islam Alazka Dewi Farida Padhil menjelaskan, TK itu sudah menerapkan model pembelajaran holistik integratif yang fokus pada pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa-siswi TK Islam Alazka. 

Metode yang digunakan diantaranya pembelajaran langsung diluar sekolah misalnya kunjungan siswa ke peternakan sapi, ke perkebunan. 

"Kemudian, ke toko buku untuk menumbuhkan budaya literasi dan pentas budaya lokal budaya betawi yang dilakukan dengan bekerjasama dengan berbagai instansi atau perusahaan," ujar Dewi. 

Di sisi lain, pihak Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading merasa senang atas kunjungan Pokja Bunda PAUD Jakarta Utara dan kehadiran seluruh para pemangku kepentingan program layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif tersebut. 

“Kami berterima kasih atas kunjungan kerja Pokja Bunda PAUD Jakarta Utara ini, sinergitas antara seluruh pemangku kepentingan ini menjadi penting karena dapat meningkatkan kualitas layanan Pendidikan TK Islam Alazka dalam mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia, ujarFarida Sjafiani, Wakil Ketua Pelaksana Harian Bidang Komunikasi & Pengembangan Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/HO

Masyarakarat dan Pengelola Berkolaborasi Lindungi Populasi dan Habitat Pari Mantra

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 00:22 WIB
Potensi mengenai populasi pari manta dan habitat mereka di kawasan ini masih belum banyak...
Dok Dompet Dhuafa

Kolaborasi Dompet Dhuafa-Lotte Mart di Tebar Hewan Kurban

👤Media Indonesia 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:55 WIB
KOLABORASI program tebar hewan kurban (THK) yang digaungkan Dompet Dhuafa bersama Lotte Mart memasuki tahun...
MI/ANTON

UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga PTN BH

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:05 WIB
IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya