Selasa 07 Desember 2021, 21:34 WIB

PPKM Level 3 Batal, Pemerintah Tetap Larang Perayaan Tahun Baru 

Putra Ananda | Humaniora
PPKM Level 3 Batal, Pemerintah Tetap Larang Perayaan Tahun Baru 

Antara.Nyoman Hendra Wibowo
penerapan aplikais pedullilindungi di tempat wisata

 

PEMERINTAH tetap melarang pelaksanaan perayaan tahun baru yang dapat memicu timbulnya kerumunan di tengah masyarakat. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya kerumunan di tengah batalnya penerapan PPKM level 3 di seluruh daerah selama libur natal dan tahun baru (nataru) 2022. 

"Tidak ada perayaan-perayaan tahun baru segala macam yang (membuat) kerumunan," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/12). 

Tito melanjutkan, selama periode nataru 2021 mall dan tempat wisata tetap boleh beroperasi dengan syarat tidak melebihi kapasitas maksimal sebesar 75%. Pemerintah mewajibkan kepada pengelola tempat wisata dan perbelanjaan untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi guna memakasimalkan pantauan tentang protokol kesehatan. 

"Sehingga, penerapan kapasitas dan syarat pengunjung bisa ditegakkan di lapangan," tuturnya. 

Baca juga : Indonesia Kedatangan 1,5 juta Vaksin Moderna dari AS

Dijelaskan oleh Tito, hanya pengunjung yang sudah menerima dosis vaksin lengkap yang bisa berkunjung ke tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan restoran. Pemerintah akan melerang warga yang belum divaksin untuk mengunjungi tempat-tempat umum. 

"Yang belum vaksin, jangan jalan lah. Meskipun (capaian vaksinasi) sudah cukup tinggi, tapi yang (rawan) terpapar ada juga kan," ujar dia. 

Dia menyampaikan kebijakan tidak menutup mal, tempat wisata, dan restoran merupakan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara tidak ingin ada penyekatan selama Nataru. 

"Presiden menyampaikan tidak perlu ada penyekatan, tapi diperkuat di tempat ruang-ruang publik itu menggunakan PeduliLindungi," ujar dia. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Pahamify

Pahamify Pecahkan Rekor MURI untuk Peserta Try Out Daring UTBK Terbanyak 

👤Meediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:09 WIB
Pahamify memecahkan rekor atas pelaksanaan Try Out UTBK yang diikuti oleh 64.160 peserta se-Indonesia secara online pada 15 Januari 2022...
DOK MI

Anggota Kowani Dituntut Komitmen Bekerja Bagi Pemberdayaan Perempuan dan Anak

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 21:53 WIB
Anggota Kowani dituntut untuk bekerja keras demi kepentingan perempuan dan...
DOK LLDikti Wilayah II

LLDikti Wilayah III Dorong PTM di Perguruan Tinggi DKI

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 21:12 WIB
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III mendorong perguruan tinggi di Jakarta segera menggelar pembelajaran tatap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya