Selasa 07 Desember 2021, 12:33 WIB

Soal Umrah, Kemenag Akan Ikuti Ketentuan Pemerintah

Cahya Mulyana | Humaniora
Soal Umrah, Kemenag Akan Ikuti Ketentuan Pemerintah

ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA
Petugas membersikan area replika kabah untuk simulasi tawaf di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (1/12/2021).

 

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) akan mengikuti keputusan pemerintah mengenai nasib pemberangusan umrah dan haji. Penyesuaian ini dalam rangka membantu penanggulangan varian baru covid-16.

"Iya (mengenai pemberangkatan umrah dan haji) akan menyesuaikan. Itu seperti yang diumumkan pak Menko (Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartaro," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada Media Indonesia, Selasa (7/12).

Menurut dia penyesuaian tersebut akan didasarkan pada pencegahan varian omicron. Meski demikian masyarakat yang sudah mengantongi visa umrah akan dipertimbangkan pemberangkatannya.

Baca juga:Pemerintah Putuskan Tidak Terapkan PPKM Level 3 Saat Nataru

"Sudah dapat visa ya tinggal diatur saja keberangkatannya. Kalau blm dapat visa, berangkatnya gimana," pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sekarang konsentrasi Natal Dan Tahun Baru (Nataru). Sementara pemberangkatan umrah dan haji masih dikaji.

"Agar mudah-mudahan Nataru bisa dikendalikan dengan baik, baru setelah itu kita akan melihat kapan kita akan buka untuk kegiatan umrah," ujarnya.

Ketika terdapat izin umroh, kata dia, masa karantina akan diperpanjang menjadi 10 hari. Itu untuk mencegah merebaknya varian omicron.

"Pemerintah masih melihat dan menyambut baik bahwa Saudi sudah menerima Sinovac untuk melakukan umrah dan masih diberlakukan adanya karantina," ujar Airlangga. (H-3)

Baca Juga

MI/ Moh Irfan

Covid-19 Masih Menginfeksi, Hari ini 224 Kasus Positif

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:42 WIB
Dengan penambahan kasus positif hari ini, maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai jumlah 6.054.173...
AFP/Brian WJ Mahy.

CDC Sebut Kasus Cacar Monyet Serang Pelaku Homoseksual

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:25 WIB
CDC mendesak penyedia layanan kesehatan di AS untuk waspada terhadap pasien yang memiliki penyakit ruam yang konsisten dengan cacar...
DOK KEMENSOS

Jelang Puncak Peringatan HLUN 2022, Elemen Masyarakat Tasikmalaya Bahu Membahu Lakukan Persiapan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:39 WIB
Pada saat acara diberikan bantuan Atensi yakni di antaranya 250 paket nutrisi dan sandang, 7 set kacamata, 16 unit kursi roda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya