Senin 06 Desember 2021, 16:25 WIB

Vaksin Booster, Penerima akan Dikategorikan Sesuai Kepesertaan BPJS Kesehatan

Andhika prasetyo | Humaniora
Vaksin Booster, Penerima akan Dikategorikan Sesuai Kepesertaan BPJS Kesehatan

ANTARA FOTO/Fauzan
Petugas menyiapkan vaksin Moderna saat vaksinasi dosis ketiga di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten.

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan jajaran menterinya untuk memulai pelaksanaan vaksinasi covid-19 booster atau dosis ketiga mulai Januari tahun depan.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perkonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan seluruh menteri terkait saat ini tengah melakukan finalisasi terkait aturan sebagai landasan hukum kegiatan tersebut.

"Presiden meminta booster vaksinasi sudah dipersiapkan untuk Januari. Kami sedang memfinalkan aturannya. Nanti akan diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan," ujar Airlangga usai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (7/12).

Salah satu regulasi yang akan diatur adalah terkait penerima vaksin. Pemerintah akan membedakan antara peserta penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan dan non-PBI.

Baca juga: Luhut: Vaksinasi Covid-19 Booster Ada yang berbayar, Mulai 2022

Diharapkan, pemberian vaksin booster akan melindungi masyarakat dari varian baru yakni Omicron yang kini mulai menyebar ke sejumlah negara di dunia.

"Berbagai negara dan lembaga kesehatan internasional sudah memberi rekomendasi untuk vaksin booster untuk mencegah meluasnya varian-varian baru termasuk Omicron," sambung dia.

Selain mendorong vaksin booster, kepala negara juga menginstruksikan jajaran menteri untuk mengakselerasi vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.(OL-4)

Baca Juga

Dok UHAMKA

Uhamka Bersama Menteri BUMN Launching Start Up Hasil Inovasi Mahasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 13:26 WIB
UHAMKA menggelar Kuliah Umum dengan tema Sinergitas Pendidikan dalam Menguatkan Perilaku Ketahanan Sosial Ekonomi Masyarakat di Era New...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Olahraga Bantu Anak Tahan Lama Belajar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:16 WIB
"Penelitian menunjukkan, dengan olahraga, fokus belajar menjadi lebih baik, stamina jadi lebih bagus sehingga anak betah berlama-lama...
Dok UPH

Profesor Baru di Lingkungan Dikti Wilayah III: Inspirasi dan Pencerah untuk Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 11:49 WIB
Guru Besar merupakan jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan tinggi yang diberikan oleh pemerintah kepada dosen yang sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya