Selasa 16 November 2021, 08:25 WIB

Cara Terbaik Sebelum dan Sesudah Vaksinasi Covid-19 Agar Tetap Sehat dan Bugar

Eni Kartinah | Humaniora
Cara Terbaik Sebelum dan Sesudah Vaksinasi Covid-19 Agar Tetap Sehat dan Bugar

Ist
Setelah divaksin Covid-19, UNICEF menganjurkan jaga hodrasi tubuh.

 

VAKSINASI menjadi salah satu cara untuk melindungi diri pribadi dan orang-orang di sekitar kita dari Covid-19. Semakin banyak yang divaksinasi semakin cepat negeri ini pulih. Meski angka kasus Covid-19 di Indonesia mengalami tren melandai, namun cakupan vaksinasi sejatinya belumlah maksimal. 

Data per tanggal 12 Oktober 2021 dari Kemenkes menunjukkan jumlah penduduk Indonesia yang mendapat vaksin dosis 1 baru mencapai 48,6% dan 28,04% untuk vaksin dosis kedua. 

Persentase itu belum mencapai persentase yang diperlukan untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

Dalam situs Infeksi Emerging Kemenkes RI dinyatakan bahwa “Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.”

Masih dalam situs yang sama dinyatakan bahwa “Herd immunity" adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh. Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan.”

Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan untuk mengoptimalkan cakupan vaksinasi agar semua masyarakat terlindungi dari Covid-19.

Tidak Ada Alasan Lagi untuk Tidak Mau Divaksin 

Pilihan vaksin makin beragam karena semakin banyak vaksin yang memperoleh persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Semakin mudah juga memperolehnya dengan diadakannya berbagai sentra vaksinasi massal yang memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah peserta vaksinasi dalam melakukan pendaftaran dan skrining tes—seperti yang dilakukan Good Doctor bekerja sama dengan berbagai pihak. Sekarang, tinggal kemauan diri sendiri untuk divaksin.

Apabila masih enggan untuk divaksin karena takut terhadap jarum suntik (trypanophobia) atau karena kekhawatiran akan efek samping vaksin, berikut 5 tips yang bisa dilakukan, dilansir dari gooddoctor.co.id:

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya.
2. Persiapkan mental.
3. Ceritakan kekhawatiranmu dengan orang yang kamu percayai.
4. Alihkan perhatian.
5. Ingat, manfaat vaksin lebih besar.

Hal yang harus Dilakukan setelah vaksin:

Ada enam rekomendasi dari UNICEF yang dikutip dari gooddoctor.co.id:

1.Jaga hidrasi tubuh.
2. Konsumsi makanan bergizi seimbang.
3. Tetap menerapkan protokol kesehatan.
4. Tidur minimal 7—8 jam.
5. Tetap pantau kesehatan dengan dokter.
6. Mulai persiapkan kesehatan diri untuk dosis kedua.

Sekalipun sudah divaksinasi dua dosis, tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan karena tidak ada vaksin yang memiliki tingkat keberhasilan 100%.

Kita mungkin bisa saja tertular Covid-19 bahkan setelah vaksinasi, tetapi kemungkinan infeksinya akan jauh lebih ringan apabila kita sudah divaksin.

Setelah melakukan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua, kita akan memperoleh sertifikat vaksin. Sertifikat ini sangat penting karena menjadi syarat dalam melakukan perjalanan ataupun akses ke fasilitas publik, seperti mal. Oleh karena itu, silakan unduh aplikasi PeduliLindungi. (Nik/OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

Nama-nama Dinosaurus yang Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:15 WIB
Tak jarang animasi tentang dinosaurus banyak diminati anak-anak karena bentuknya yang lucu dengan suara khasnya yaitu...
AFP

Kenali Jenis Vaksin dan Kombinasi Booster yang Diberikan

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:05 WIB
Penting bagi kita untuk mengetahui jenis vaksin dan booster yang tepat untuk bisa melawan virus...
Dok. Pribadi

Ini Salah Satu "Rahasia" Waroeng Steak and Shake Terus Berkembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:47 WIB
Video itu pun mendapatkan banyak tanggapan positif warganet yang juga ikut membuka rahasia "amalan" Waroeng Steak and...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya