Kamis 28 Oktober 2021, 21:48 WIB

iForte Kobarkan Semangat Nasionalisme Melalui Video Musik 'Sabang Merauke'

Widhoroso | Humaniora
iForte Kobarkan Semangat Nasionalisme Melalui Video Musik

DOK IForte
Acara peluncuran video musik 'Sabang Merauke'.

 

UNTUK mengobarkan semangat persatuan dan kesatuan Indonesia, iForte menghadirkan video musik 'Sabang Merauke'. Video musik berisi medley 18 lagu daerah dan lagu 'Tanah Air' ciptaan Ibu Sud ini menghadirkan beberapa penyanti seperti Kikan, Christine Tambunan, Alsant Nababan dan client iForte dan Protelindo, karyawan iForte dan Protelindo serta perwakilan generasi muda dan pemain musik tradisional.

CEO & Presiden Director PT iForte Solusi Infotek, Aming Santoso menyampaikan melalui video musik ini, iForte dan juga Protelindo berharap dapat memberikan semangat terciptanya persatuan, penguat rasa nasionalisme, dan terus berkarya untuk Tanah Air tercinta. Terlebih bagi generasi muda, agar lebih mengenal tanah air dan budayanya dan semakin bangga menjadi putra dan putri Indonesia.

"Salah satu bentuk kebanggaan itu adalah dengan mulai melestarikan kekayaan budaya Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kita harus sadar generasi muda adalah harapan bangsa yang menjadi generasi penerus perjalanan negara di masa depan sehingga sudah seharusnya pemuda Indonesia banyak belajar dan menyadari betapa pentingnya keanekaragaman adat istiadat dan budaya Indonesia bagi persatuan dan kesatuan bangsa," jelasnya dalam keterangan, Kamis (28/10).

Silvi Liswanda, Vice President Director Sales & Marketing PT iForte Solusi Infotek menambahkan sudah menjadi kewajiban semua pihak untuk terus melestarikan keanekaragaman adat istiadat dan budaya Indonesia, melalui musik, lagu, tarian daerah dari Sabang sampai Merauke.

"Adat dan budaya Indonesia memiliki peran penting dan mendasar karena suatu bangsa kita akn menjadi besar jika nilai kebudayaan semakin mengakar dalam kehidupan masyarakat dan menjadi landasan dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara," jelasnya.

Selain medley lagu daerah, di dalam video ini setiap peserta mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, mulai Aceh sampai Papua dan menampilkan warisan budaya dunia yaitu Borobudur serta keindahan alam Indonesia. Selain itu ada juga penampilan budaya Indonesia seperti Tari Saman, Tari Tortor, Reog Ponorogo, Tari Kecak dan sebagainya.

Lagu yang menjadi ciri khas masing–masing daerah diperkaya dengan berbagai alat musik tradisional, seperti Seruling, Saluang, Kecapi, Sasando dan ditambahkan alat musik modern sehingga membuat musik di video ini bisa lebih dinikmati dan dinyanyikan oleh seluruh lapisan masyarakat. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

Ist/Kemenparekraf

Sandiaga Uno : Dari Desa Bangun indonesia untuk Kebangkitan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 09:19 WIB
Desa wisata diyakinkan akan membangkitkan perekonomian bangsa. Kebangkitan ekonomi desa juga bisa mebangkitkan ekonomi...
dok.AFP

CDC AS Nilai Indonesia Berisiko Rendah Penularan Covid-19

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 09:05 WIB
PUSAT Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengungkapkan Indonesia termasuk negara dengan risiko penularan covid-19...
MI/Supardji Rasban

Lomba Baca Puisi dan Pidato Bahasa Tegal, Gairahkan Bahasa Lokal

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 08 Desember 2021, 08:35 WIB
PEMKOT Tegal bekerjasama dengan BC Tegal menggelar lomba cipta baca puisi dan pidato dengan bahasa Tegal sebagai upaya melestarikan bahasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya