Selasa 26 Oktober 2021, 14:38 WIB

Presiden Minta Kepala Daerah Kelola Libur Akhir Tahun dengan Baik

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Minta Kepala Daerah Kelola Libur Akhir Tahun dengan Baik

ANTARA
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan seluruh kepala daerah untuk mengelola dan mengatur libur Natal dan tahun baru dengan sebaik-baiknya.

Jangan sampai, periode libur panjang akhir tahun itu memicu peningkatan kerumunan masyarakat yang signifikan hingga akhirnya mendorong kenaikan kasus covid-19.

Baca juga: Terlalu Jauh Tuduh Erick Maju Jadi Capres dalam Pilpres 2024

"Saya minta betul-betul dikelola, diatur, sehingga Natal dan tahun baru ini berjalan dengan tidak ada kerumunan," ujar Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para kepala daerah se-Indonesia secara virtual di Istana Merdeka, Jakarta, yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (26/10).

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pemerintah, ada 19,9 juta orang yang berniat mudik pada momen libur tersebut. Jumlah itu tentu tidak sedikit dan harus betul-betul diantisipasi oleh semua provinsi, kabupaten, dan kota.

"Ini yang harus kita antisipasi. Semua provinsi, semua kabupaten dan kota harus mengingatkan warga agar Natal dan tahun baru ini lebih baik tidak bepergian ke mana-mana," tegas mantan wali kota Solo itu.

Kepala negara pun menginstruksikan seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menyosialisasikan kebijakan tidak berpergian pada akhir tahun sejak dini.

Masyarakat, sambungnya, harus diberikan pemahaman secara baik terkait bahaya dari risiko kemunculan gelombang ketiga.

"Saya harapkan semuanya dirancang, direncanakan secara detail sesuai dengan kondisi masyarakat setempat, menghargai norma-norma yang ada. Tetapi sekali lagi, tetap sesuai dengan protokol kesehatan dengan gas dan rem yang dinamis, selalu waspada, siap siaga, cepat bertindak, itu yang terus harus kita jaga," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

Antara/Akbar Nugorho Gumay

Sandiaga Dorong Kolaborasi dengan UT untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:18 WIB
"Saya ingin mengajak UT untuk meningkatkan kecakapan dan kompetensi para pekerja di sektor pariwisata, ekonomi dan kreatif dalam...
Dok. Pahamifi

Gelar Parents Week 2021, Pahamify Dampingi Orang Tua Maksimalkan Potensi Anak di Masa Pandemi 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:01 WIB
Sebanyak 44,4% ibu dan 38,5% ayah menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka dibandingkan dengan sebelum...
Dok. Biro Pers Sekreatraiat Presiden

Peringatan Hari Disabilitas Internasional Jadi Momen Penghormatan Bagi Penyandang Disabilitas 

👤Mohammad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 02 Desember 2021, 22:18 WIB
Dengan adanya rangakaian acara HDI ini, penting melibatkan anak muda penyandang disabilitas untuk bisa tampil percaya diri, menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya