Selasa 26 Oktober 2021, 11:35 WIB

Terlalu Jauh Tuduh Erick Maju Jadi Capres dalam Pilpres 2024

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Terlalu Jauh Tuduh Erick Maju Jadi Capres dalam Pilpres 2024

Ist
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Presiden Joko Widodo.

 

TUDINGAN yang terkesan fitnah banyak menerpa Menteri BUMN Erick Thohir akhir-akhir ini. Ia disebut-sebut berhasrat mencalonkan diri sebagai calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024 nanti.

"Terlalu jauh kita menilai bahwa apa yang dilakukan Menteri BUMN sekarang semata untuk memuluskan langkahnya maju sebagai Capres pada 2024 mendatang," kata Monisyah, Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Ilmu Politik Bangsa (LPIPB) dalam siaran persnya, Selasa (26/10).

Dalam pandangannya, apa yang sedang dikerjakan Erick Thohir tegak lurus dengan visi Presiden Joko Widodo.

"Erick Thohir nampak bekerja keras dan ikhlas. Beliau adalah tipe pemimpin yang santun dan  penuh spirit dalam bekerja. Pun dekat dengan masyarakat kecil seperti Pak Jokowi," kata Monisyah yang juga Caretaker DPN Seknas Jokowi ini.

"Upaya sebagian orang yang menggiring opini seolah kerja gemilang Erick Thohir bermuara pada pencaprean adalah sesat dan bentuk character assasination (pembunuhan karakter)," jelasnya.

"Kalaupun ia sering blusukan, itu semata untuk melihat secara langsung realita di masyarakat sehingga bisa tepat dan cermat dalam mengambil keputusan demi hajat hidup orang banyak," tutur Monisyah. 

Menurutnya, jangan langsung langkah ini dinilai sebagai upaya pencitraan. "Tak terlihat sedikitpun niat beliau untuk pencapresan. Saya khawatir, justru tudingan dan fitnah tersebut akan mengganggu kinerjanya," kata Monisyah lagi.

Dicontohkan, bagaimana upaya keras Erick Thohir menugaskan BUMN-BUMN untuk terjun langsung membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Demikian juga dari sisi pemulihan ekonomi, di mana Erick Thohir dipercaya sebagai Ketua Pelaksana. Juga menggerakkan BUMN untuk turun langsung membantu vaksinasi kepada rakyat Indonesia demi terciptanya herd immunity secara nasional.

Monisyah menambahkan, sejauh ini Erick Thohir masih konsisten dalam rangkaian kerjanya, terutama dalam membenahi BUMN, mulai dari restrukturisasi, holdingisasi, klasterisasi, dan juga aturan percepatan investasi.

Erick Thohir telah membuktikan kinerja perusahaan-perusahaan plat merah yang semakin membaik di 2021 dibandingkan tahun lalu, di mana tercapai kenaikan laba bersih BUMN yang mencapai 356% sepanjang semester I-2021. 

Karenanya, Monisyah mengingatkan agar stop menuding Erick Thohir punya agenda terselubung dibalik kinerjanya.

"Saat ini ekonomi Indonesia mulai bangkit mengiringi melandainya Covid-19. Tidak usah berburuk sangka, tapi dukung saja kinerja pemerintah," pungkasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok PBNU

NU Gelar Konser Amal Koin Muktamar

👤Media Indonesia 🕔Selasa 30 November 2021, 21:50 WIB
MUKTAMAR Nahdlatul Ulama (NU) milik bersama segenap nahdliyin di berbagai pelosok negeri, bahkan...
ANTARA

Pemrosesan Sembilan Kasus HAM tidak Perlu Lewat DPR

👤Sri Utami 🕔Selasa 30 November 2021, 21:30 WIB
Pembentukan Pengadilan HAM ad hoc dilakukan setelah penyidikan oleh Kejagung untuk melengkapi hasil penyelidikan Komnas...
MI/PANCA SYURKANI

Survei: NasDem masuk tiga besar dengan elektabilitas 9,3%

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 30 November 2021, 20:39 WIB
Untuk posisi pertama dan kedua masih ditempati oleh PDIP dan Gerindra, ucap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya