Selasa 26 Oktober 2021, 11:41 WIB

BRIN: Pengembangan Talenta Muda Perlu Kolaborasi Banyak Pihak

Mediaindonesia.com | Humaniora
BRIN: Pengembangan Talenta Muda Perlu Kolaborasi Banyak Pihak

AFP
Ilustrasi

 

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan pengembangan talenta muda perlu kolaborasi berbagai pihak untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang berdaya saing dan unggul.

"Pengembangan talenta muda Indonesia harus mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan berbagai kesempatan bagi generasi muda untuk berkembang," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam keterangan di Jakarta, Selasa (26/10).

Handoko menuturkan pada proses pengembangan talenta tersebut, metode pembinaan dan pengenalan talenta muda berbasis sains dan inovasi merupakan bentuk kolaborasi di antara semua pihak, di mana BRIN tidak dapat berdiri sendiri.

Kerja sama yang erat dengan mitra terkait baik dari instansi pemerintah, swasta, maupun komunitas harus sejalan dengan pengembangan fokus pemerintah untuk membangun talenta di semua aspek baik bidang pendidikan, riset inovasi, seni budaya, dan olahraga.

Ke depannya BRIN akan berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam upaya penciptaan talenta muda di bidang-bidang tersebut melalui pendidikan dan pengembangan karakter.

Itu juga sejalan dengan upaya BRIN mewujudkan visinya untuk meningkatkan kapabilitas ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), budaya riset dan menciptakan inovasi melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) iptek.

Dalam mendukung upaya pemerintah menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan generasi muda berdaya saing terutama di bidang pendidikan, riset, dan inovasi, BRIN membuat skema pengembangan SDM iptek dengan desain manajemen talenta nasional bidang riset dan inovasi.

Hal itu didukung dengan keberadaan BRIN yang memiliki sumber daya terbesar dan terlengkap, baik SDM maupun infrastruktur dan anggaran setelah integrasi empat lembaga pemerintah non kementerian (LPNK) dan sejumlah unit penelitian dan pengembangan di kementerian/lembaga.

Empat LPNK itu adalah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Tenaga Nuklir Nasional, dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. (Ant/OL-12)

Baca Juga

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Teknologi Buat Anak Muda Makin Dekat dengan Literasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:45 WIB
"Jadi (dulu) kalau mau ngerumpiin buku kesulitan. Sekarang ngomongin buku lewat direct message (DM) juga bisa, kita punya forum di...
Dok. Istimewa

Merawat Kucing Liar di Kampus

👤MI 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:20 WIB
DI luar kegiatannya mengelola akun @infovaksindiy dan bekerja di salah satu kampus di...
ANTARA

Berbagi Info Seputar Vaksin

👤Fathurrozak 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:10 WIB
SOLIDARITAS masyarakat menjadi salah satu kunci untuk di tengah pandemi covid-19, mulai saling bantu menyediakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya