Selasa 26 Oktober 2021, 11:41 WIB

BRIN: Pengembangan Talenta Muda Perlu Kolaborasi Banyak Pihak

Mediaindonesia.com | Humaniora
BRIN: Pengembangan Talenta Muda Perlu Kolaborasi Banyak Pihak

AFP
Ilustrasi

 

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan pengembangan talenta muda perlu kolaborasi berbagai pihak untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang berdaya saing dan unggul.

"Pengembangan talenta muda Indonesia harus mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan berbagai kesempatan bagi generasi muda untuk berkembang," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam keterangan di Jakarta, Selasa (26/10).

Handoko menuturkan pada proses pengembangan talenta tersebut, metode pembinaan dan pengenalan talenta muda berbasis sains dan inovasi merupakan bentuk kolaborasi di antara semua pihak, di mana BRIN tidak dapat berdiri sendiri.

Kerja sama yang erat dengan mitra terkait baik dari instansi pemerintah, swasta, maupun komunitas harus sejalan dengan pengembangan fokus pemerintah untuk membangun talenta di semua aspek baik bidang pendidikan, riset inovasi, seni budaya, dan olahraga.

Ke depannya BRIN akan berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam upaya penciptaan talenta muda di bidang-bidang tersebut melalui pendidikan dan pengembangan karakter.

Itu juga sejalan dengan upaya BRIN mewujudkan visinya untuk meningkatkan kapabilitas ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), budaya riset dan menciptakan inovasi melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) iptek.

Dalam mendukung upaya pemerintah menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan generasi muda berdaya saing terutama di bidang pendidikan, riset, dan inovasi, BRIN membuat skema pengembangan SDM iptek dengan desain manajemen talenta nasional bidang riset dan inovasi.

Hal itu didukung dengan keberadaan BRIN yang memiliki sumber daya terbesar dan terlengkap, baik SDM maupun infrastruktur dan anggaran setelah integrasi empat lembaga pemerintah non kementerian (LPNK) dan sejumlah unit penelitian dan pengembangan di kementerian/lembaga.

Empat LPNK itu adalah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Tenaga Nuklir Nasional, dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. (Ant/OL-12)

Baca Juga

dok.PITI

Munas IV PITI Pilih H Serian Wijatno sebagai Ketum 2022-2027

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 22 Mei 2022, 16:25 WIB
MUKTAMAR Nasional (Munas) ke-VI Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI )menetapkan Dr. H. Serian Wijatno, SE, MM, MH. sebagai Ketua Umum...
Dok. MI

Pemakaian High Heels Rentan Picu Varises

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 22 Mei 2022, 15:45 WIB
High heels juga membuat gerakan otot kaki tidak sempurna untuk memompa darah kembali ke jantung. Jika harus berdiri dalam waktu lama,...
Antara

Fahmi Idris Meninggal Dunia, Sandiaga Uno Ucapkan Belasungkawa

👤Fetry Wuryasti 🕔Minggu 22 Mei 2022, 15:30 WIB
Lewat akun Instagramnya, Sandiaga mengenang sosok Fahmi Idris, mantan Menteri Perindustrian, sebagai pejabat publik sekaligus pebisnis yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya