Minggu 24 Oktober 2021, 10:00 WIB

Tanah Longsor Membawa Korban Tiga Warga Saat Melintas di Deli Serdang

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Tanah Longsor Membawa Korban Tiga Warga Saat Melintas di Deli Serdang

ANTARA/ SEPTIANDI PERDANA
LONGSOR: Pantauan dari inaRISK, Sibolangit termasuk wilayah dengan potensi tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi

 

TANAH longsor kembali mengakibatkan tiga warga saat berkendara di wilayah Deli Serdang meninggal dunia. Peristiwa ini bermula dari hujan dengan intensitas tinggi serta kondisi tanah yang labil sehingga longsor tidak dapat dihindari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deli Serdang menyebutkan peristiwa ini terjadi pada Sabtu (23/10), pukul 23.30 WIB. "Bencana longsor ini teridentifikasi di Desa Lau Kaban, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu (24/10).

BPBD juga menyebutkan dua warga lainnya mengalami luka-luka. Mereka telah mendapatkan perawatan medis di fasilitas kesehatan setempat.

"Personel gabungan yang dibantu masyarakat melakukan penanganan darurat untuk memberikan pertolongan dan evakuasi para korban. Pusdalops BNPB masih mengkonfirmasi penyebab warga meninggal akibat tanah longsor saat berkendara di wilayah tersebut," ujarnya.

Pada malam tadi,  BPBD menginformasikan arus lalu lintas tidak dapat dilalui oleh kendaraan, baik dari arah Medan atau pun Berastagi. Selain itu, kondisi cuaca dilaporkan hujan dengan intensitas ringan.

Sementara itu, melihat pantauan dari inaRISK, Sibolangit termasuk wilayah dengan potensi tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi. Sedangkan identifikasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada potensi gerakan tanah Oktober ini, wilayah Sibolangit berada pada gerakan tanah menengah hingga tinggi.

PVMBG menyebutkan daerah dengan potensi menengah merujuk pada daerah yang dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, khususnya pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau lereng bukit.

Masyarakat dan pemerintah daerah diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya tanah longsor maupun bahaya hidrometeorologi basah lain, seperti banjir, banjir bandang dan angin kencang. Hari ini, Minggu (24/10) prakiraan cuaca wilayah Sibolangit masih berpotensi hujan ringan hingga sedang pada siang hari. (H-1)

Baca Juga

Antara

Kasus Positif Covid-19 Bertambah 264 Kasus. Angka Jakarta Tertinggi

👤Ant 🕔Minggu 28 November 2021, 23:35 WIB
DKI 51 kasus, lalu di Jateng 33 kasus, Jatim 32 kasus, Riau 26 kasus, serta Jabar 25...
MI/Susanto

Transmisi Televisi Analog Ke Digital Utamakan Kesetaraan

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 28 November 2021, 23:30 WIB
SIARAN televisi analog telah mengudara selama 60 tahun di Indonesia. Namun dalam waktu satu tahun, televisi analog hanya akan menjadi...
MI/Andri Widiyanto

Tak Boleh Arogan, Ormas Harus Taat Hukum

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 28 November 2021, 22:05 WIB
ORGANISASI kemasyarakatan (Ormas) mesti menjadi suri tauladan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dengan selalu mengamalkan nilai-nilai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya