Jumat 08 Oktober 2021, 19:22 WIB

UNJ Kukuhkan Tiga Guru Besar FMIPA

Widhoroso | Humaniora
UNJ Kukuhkan Tiga Guru Besar FMIPA

DOK Humas UNJ
Acara pengukuhkan tiga guru besar FMIPA Universitas Negeri Jakarta.

 

UNIVERSITAS Negeri Jakarta (UNJ), Jumat (8/10) mengukuhkan tiga Guru Besar dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Acara pengukuhan ini dilakukan secara terbatas di Aula Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika, Kampus A UNJ dan disiarkan secara daring di kanal YouTube Edura TV.

Ketiga guru besar yang dikukukan adalah Prof. Dr. Erfan Handoko, M.Si sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Material, Prof. Dr. Mangasi  Alion Marpaung, M.Si sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Laser dan  Optika Modern, serta Prof. Dr. Sunaryo, M. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Lingkungan.

Dalam orasi ilmiahnya berjudul 'Potensi Sumber Daya Mineral Indonesia Sebagai Bahan Baku Material Magnet: Perannya dalam Industri Energi dan Pertahanan Nasional', Erfan Handoko menerangkan potensi material magnet untuk dapat dikembangkan penguatan industri energi dan pertahanan nasional dengan bahan baku material magnet. Sementara Mangasi Alion Marpaung menjelaskan hal terkait plasma laser dalam orasi ilmiah berjudul 'Pembangkitan Plasma dengan Laser Pulsa Daya Tinggi untuk Aplikasi Analisis Spektro Kimia'.

Sedangkan Sunaryo, yang menyampaikan orasi ilmiah berjudul 'Tantangan dan Harapan Pendidikan Fisika Lingkungan Berkelanjutan dalam Era Disrupsi" menjelaskan pentingnya pendidikan fisika lingkungan berlanjutan untuk memaknai kompleksitas masalah lingkungan dan membangun kesadaran lingkungan (ekologis).

Rektor UNJ, Prof. Komarudin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada ketigas guru besar yang baru dikukuhkan. Diharapkan, pengukuhan ini dapat memberikan motivasi untuk terus berkarya, berkontribusi, memberi manfaat bagi UNJ, masyarakat, bangsa, dan negara.

"Orasi Ilmiah Prof. Dr. Sunaryo, M.Si; Prof. Dr. Mangasi Alion Marpaung, M.Si; dan Prof. Dr. Erfan Handoko, M.Si memberikan kontribusi penting bagi peta jalan dan pengembangan keilmuan Fisika Lingkungan; Fisika Laser dan Optika Modern; dan Fisika Material. Itulah sumbangsih dari ketiga guru besar yang dikukuhkan hari ini.” ungkap Komarudin. (RO/OL-15)

Baca Juga

MI/ Tri Subarkah

Sinar Mas Agribusiness and Food Ajak Masyarakat Garap Kebun Belakang Rumah

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:27 WIB
Ia berharap proyek Safe Water Garden (SWG) bisa meningkatkan pendapatan dan kesehatan...
DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Bantu Penyandang Disabilitas, Lansia, Yatim Piatu

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:39 WIB
Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan menyalurkan bantuan uang tunai, pangan, dan alat...
Antara

170,4 Juta Orang Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:10 WIB
Indonesia menargetkan 208,2 juta penduduk menerima vaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya