Rabu 29 September 2021, 13:51 WIB

Epidemiolog : Herd Immunity Tercapai Jika Vaksin Bisa Cegah Penularan Virus

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Epidemiolog : Herd Immunity Tercapai Jika Vaksin Bisa Cegah Penularan Virus

medcom
Ilustrasi

 

EPIDEMIOLOG Dicky Budiman mengatakan, herd Immunity atau kekebalan kelompok bisa tercapai salah satunya ketika vaksin yang didapat oleh masyarakat bisa mencegah penularan virus covid-19.

Sejauh ini, menurut Dicky, jenis vaksin yang ada saat ini masih belum bisa mencegah penularan. Kendati demikian, vaksin bisa mengurangi resiko dan mencegah naiknya angka kematian.

"Saya luruskan kalau untuk covid-19, herd imuntity jauh banget, bahkan sebagian epidemiolog mengatakan mustahil, tapi kalau saya masih agak optimis mungkin 10 tahun lagi, karena herd imunty harus dicapai dengan vaksin yang secara penuh 100 persen mencegah penularan, tapi yang bisa ialah menurunkan potensi menurukan keparahan tidak sampai masuk ICU itu dan sudah signifikan jelas menurunkan potensi kematian," ucapnya saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (29/9).

Baca juga : Survei: 69% Masyarakat Alami Masalah Psikologis Selama Covid-19

Lebih lanjut, Dicky menyarankan agar hati-hati dalam menjelaskan mengenai herd Immunity kepada masyarakat. Terkait akan hal tersebut, bisa membuat masyarakat menjadi salah pemahaman dan mendapatkan rasa aman yang semu.

"Jadi kalo vaksinya belum bisa mencegah oenukaran yaa belum jadi herd imunty nya masih jauh dan panjang, Contohnya ada negara yang mencapai 85 persen itu bukan mencapai herd immunty tapi itu baru mencapai treshhold atau ambang batas herd Immunity, bahwa tercapainya belum, baru ambang batas di kelompok dan di wilayah itu," tegas Lulusan Universitas Griffith Australia.

Namun, meski ambang batas tercapai, resiko terinfeksi maupun menularkan masih ada. Oleh karenanya perlu penerapan 3T dan 5M. Secara definitif herd immunty adalahn

"Ambang batas herd imunty dan cakupan vaksinasi serta presentase berapa orang, nah ini dikatikan dengan angka reporduksi dari si varian virus," jelasnya.

"Jadi artinya yang paling bijak kita bisa mengatakan, di kelompok ini atau daerah ini sudah tercapai cakupan vaksinasi atau ambang batas tadi, bukan herd immunty," pungkas Dicky. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok. Instagram Sanggar Senja Cibinong

Sanggar Senja Perjuangkan Pendidikan dan Identitas Anak-Anak Jalanan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 11:16 WIB
Yayasan Sanggar Senja Cibinong adalah tempat berkumpulnya anak-anak jalanan yang terbuang dan kaum marjinal yang dibantu dalam bentuk...
Ant/Destyan Sujarwoko

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

👤Farrel Ardan 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 10:15 WIB
KERAJAAN Majapahit merupakan kerajaan Hindu-Budha terakhir di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16, terbesar di...
Ist/Kemensos

Mensos Beri Perlidungan Anak Disabilitas Korban Kekerasan di Balai Kemensos

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 09:53 WIB
Mensos juga menginstruksikan jajaran terkait di Kemensos untuk mengawal kasus pidana di ranah hukum, agar pelaku mendapatkan sanksi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya