Selasa 28 September 2021, 13:25 WIB

Kejar Target Karbon Netral 2050, Indonesia Harus Tetapkan Lanskap Ekosistem Kehutanan

Atalya Puspa | Humaniora
Kejar Target Karbon Netral 2050, Indonesia Harus Tetapkan Lanskap Ekosistem Kehutanan

ANTARA/ SENO
ANAM BIBIT POHON DI IJEN: Petani penggarap lahan milik Perhutani menanam bibit pohon di kawasan hutan produksi Petak 98, Desa Jampit, Ijen.

 

KETUA Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Indroyono Soesilo mengungkapkan dalam mencapai tujuan karbon netral 2050, Indonesia harus menerapkan pengelolaan hutan dengan pendekatan landskap ekosistem kehutanan.

"Dengan pendekatan landskap eksosistem kehutanan, akan lebih efektif. Kita akan bekerja mempercepat silin (teknik silvikultur intensif) , dan mempercepat peningkatan hutan alam," kata Indroyono dalam webinar yang diselenggarakan APHI, Selasa (28/9).

Para pengusaha di bidang kehutanan, ujarnya, harus memikirkan bagaimana caranya untuk membumikan aksi mitigasi melalui praktik multiusaha kehutanan higga tingkat tapak. Upaya real yang dapat dilakukan yakni dengan melakukan kegiatan rehabilitasi, restorasi, dan penerapan forest management yang baik untuk meningkatkan serapan karbon.

"Upaya-upaya itu dapat diwujudkan dengan percepatan insentif, pengkayaan penanaman hutan alam, percepatan dan peningkatan hutan tanaman industri, tata kelola air dan lahan gambut, serta pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan," ujar dia.

Saat ini sendiri, kata Indroyono, sebenarnya pemanfaatan hutan di Indonesia seluas 68 juta hektare hanya berkontribusi sebesar 0,6% pada PDB. Untuk itu, perlu optimalisasi dalam pemanfaatan dengan basis multiusaha.

Dengan target yang sudah tertuang dalam NDC dan LTS-LCCR 2050, diproteksikan penurunan emisi gas rumah kaca di Indonesia akan mencapai 30,7 ton CO2 ekuivalen pertahunnya. "Jika penurunan ini dapat dipertahakan hingga 2050, maka Indonesia optimistis pada 2060 atau lebih cepat dapat mencapai net zero emision," pungkas dia. (H-1)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Manfaatkan Ribuan Tanaman Obat Indonesia dengan Optimal

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 08:36 WIB
Hingga kini produk jamu lebih dari 11.000, OHT 81 produk, dan fitofarmaka 26...
dok.Ant

Damri Operasikan Bus Kuning di kawasan UI untuk Mahasiswa Gratis

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 08:30 WIB
DAMRI dan Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi menghadirkan sarana transportasi Bus Kuning di kawasan kampus UI yang beroperasi mulai 1...
Dok. ITB

Kesiapan Menghadapi Tsunami Berbasiskan Sains dan Seni

👤Dr Ir Endra Gunawan ST, MSc Kelompok Keahlian Geofi sika Global Institut Teknologi Bandung 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 07:30 WIB
Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana (PRB) gempa dan tsunami serta membangun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya