Jumat 17 September 2021, 09:35 WIB

Kemenag Imbau Maskerisasi Pada Kegiatan Keagamaan

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Kemenag Imbau Maskerisasi Pada Kegiatan Keagamaan

Dwi Apriani/ Media Indonesia
MASKERISASI: Berbagai upaya yang dilakukan untuk menyadarkan warga menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker di ruang publik.

 

IKHTIAR mencegah penyebaran covid-19 terus dilakukan Kementerian Agama. Terbaru, Menag Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya untuk mengintensifkan gerakan maskerisasi pada kegiatan keagamaan dan melakukan pengadaan masker.

Menurut Menag, ada dua kunci pencegahan covid-19 yang saat ini bisa dilakukan, yaitu vaksinasi dan maskerisasi. “Saya melihat ke depan di beberapa spot perayaan kita maskerisasi. Dengan ini diharapkan Kementerian Agama akan memiliki peran yang sangat signifikan untuk memerangi pandemi,” terangnya dalam siaran pers Kemenag, Jumat (17/9).

Hal itu dikemukakan sebagai tindak lanjut rapat koordinasi membahas langkah Kemenag dalam mengantisipasi penyebaran covid 19, khususnya dalam pelaksanaan hari besar keagamaan dan Libur Nasional 2021.

“Saya kira salah satu upaya penanganan dan antisipasi saat perayaan keagamaan itu maskerisasi. Saat merayakan keagamaan, kita memakai masker. Masing masing Direktorat Jenderal agar melakukan pengadaan masker di setiap perayaan keagamaan,” sambungnya.

Menag menjelaskan, tidak sedikit masyarakat yang enggan membeli masker. Sebab, itu belum menjadi prioritas bagi mereka. Namun, jika diberi, mereka mau menggunakannya. “Kalau masyarakat dikasih, dipakai. Tapi kalau suruh beli tidak mau, lebih baik uangnya digunakan untuk makan,” katanya.

Selain itu, Menag berharap tempat ibadah bisa dioptimalkan sebagai ruang edukasi publik tentang pandemi covid-19. Bahkan, rumah ibadah juga bisa dijadikan sebagai tempat memberikan pertolongan pertama.

“Selain menjadi ruang edukasi publik, sebisa mungkin rumah ibadah itu menjadi tempat pertolongan pertama,terkait self help. Ini memang tidak mudah, dan menjadi tatangan besar,” tandasnya.(H-1)

Baca Juga

Ist

Pada AMME, RI Harapkan Berkontribusi Atasi Masalah Lingkungan Hidup

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:09 WIB
Indonesia secara terhomat menjadi tuan rumah pada pertemuan 16th ASEAN Ministerial Meeting on the Environment...
Antara

Menteri Agama: Perpres 82/2021 Kado Indah Buat Santri

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:25 WIB
UNTUK kedua kalinya, Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober diperingati masih dalam suasana pandemi...
Dok. Tokocrypro

Tokocrypto Dukung Penanaman Pohon Massal Melalui Tree Millions Alliance 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:13 WIB
Pada pelaksanaannya di Indonesia, 500.000 pohon direncanakan akan ditanam di Provinsi Banten, Jawa Barat, dan Lampung. Pepohonan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya