Sabtu 11 September 2021, 06:30 WIB

Tetap Berkarya meski Usia Terus Bertambah

Iam/X-7 | Humaniora
Tetap Berkarya meski Usia Terus Bertambah

Dok. Metro TV
Vokalis grup Slank Kaka berduet dengan penyanyi keroncong era 80-an Sundari Soekotjo dalam program Vaksin untuk Indonesia.

 

MENOLAK tua merupakan tema yang diusung Slank dalam program Vaksin Slank untuk Indonesia, semalam. Slank pun menghadirkan penyanyi di era 80-an, Vina Panduwinata dan penyanyi keroncong Sundari Soekotjo.

Menurut Vina yang sudah berkarier selama 40 tahun di dunia tarik suara, nuansa musik saat ini mengalami perubahan signifikan. Namun, bukan menjadi alasan baginya untuk berhenti berkarya.

“Jika ingin mencoba, merasakan, dan beradaptasi pasti bisa menikmati musik saat ini. Selama ingin beradaptasi dengan semua musik di era ini, pastinya tidak ada kesulitan apa pun untuk menikmatinya dan tentunya bisa mengikuti perkembangan musik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Vina mengungkapkan rahasia mengapa lagunya bisa digemari lintas generasi dan tak lekang oleh waktu.

“Karena lagunya dirangkai dengan hati dan cerminan masalah terdekat yang dialami,” tambahnya.

Musik 80-an, lanjut Vina, semua unsur di dunia pasti menjadi masterpiece, dan sifatnya long lasting atau abadi sehingga musik tersebut bisa dinikmati oleh anakanak zaman sekarang juga.

Musik di era 80-an yang kembali digemari anak zaman sekarang nyatanya terbentuk karena problematika sehari-hari. Vina menceritakan bahwa unsur di dunia karena berhubungan.

“Sebab itu, meski umur terus bertambah dirinya tetap ingin berkarya. Selama masih ada kesempatan saya akan memaksimalkannya. Tuhan membuka pintu untuk tetap berkarya,” imbuh pelantun lagu September Ceria itu.

Itulah mengapa ia tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang Tuhan berikan kepadanya.

Pendapat senada juga disampaikan Sundari. Ia menyadari bahwa seni, terutama musik, merupakan tanggung jawab dalam dirinya. Banyak orang yang dapat menikmati musik menjadikannya sebagai landasan hidup.

“Saya juga mengikuti perkembangan musik saat ini sehingga saya ke depannya juga tahu harus apa, dan saya bisa memberikan sebuah karya sesuai dengan zamannya,” ujarnya.

Selain musik, perempuan yang sudah terjun di dunia selama 45 tahun itu juga tetap menjaga berat badanya agar tetap sehat dan bugar.

Penyanyi yang identik dengan kebaya tersebut juga menyebutkan ia tidak memiliki tips atau olahraga khusus dalam menjaga berat badannya tetap ideal dan sehat.

“Hanya banyak gerak. Saya tuh enggak bisa diam di rumah maunya kerja. Lalu saya dapat kamar di atas jadinya naik-turun tangga terus 40-50 kali sehari dan juga setiap pagi sepeda statis cukuplah,” ungkapnya.

Program Vaksin Slank untuk Indonesia tayang di Metro TV setiap Jumat, pukul 20.05 WIB. (Iam/X-7)

Baca Juga

DOK UNJ

UNJ Juara Umum LPTK Cup X 2021

👤Widhoroso 🕔Senin 06 Desember 2021, 19:57 WIB
LPTK Cup X 2021 yang berlangsung sejak 2 Desember lalu, resmi berakhir Minggu...
Dok.MI

Indonesia Darurat Kekerasan Seksual

👤Atalya Puspa 🕔Senin 06 Desember 2021, 19:10 WIB
Yang menjadikannya lebih gawat, kata Andy, penanganan untuk kasus kekerasan seksual secara khusus masih terbatas dan sangat...
DOK Pribadi.

Tips Mississippi Ladies untuk Wanita Tampil Rapi dan Bergaya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 19:05 WIB
Koleksi terbaru Mississippi Ladies terbagi menjadi dua konsep yaitu koleksi yang tetap terhubung dan memiliki cerita tema tentang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya