Jumat 27 Agustus 2021, 19:39 WIB

PPKM Diperpanjang, 10.000 Warteg Siap Bangkit Bersama untuk Berbagi

Mediaindonesia.com | Humaniora
PPKM Diperpanjang, 10.000 Warteg Siap Bangkit Bersama untuk Berbagi

KOWANTARA
Aktivitas berbagi KOWANTARA.

 

Salah satu yang paling terkena imbas dari adanya penerapan PPKM di Jawa dan Bali adalah bisnis gastronomi. Warteg (Warung Tegal), jenis usaha yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau, termasuk salah satu yang terkena imbas cukup parah.

Bahkan menurut Mukroni selaku Ketua Umum Koperasi Warteg Nusantara (Kowantara), omzet Warteg menurun hingga 90 persen selama PPKM berlangsung.

“Mayoritas pelanggan Warteg merupakan karyawan yang bekerja kantoran, kemudian saat pandemi Covid-19 mulai mewabah para karyawan diharuskan untuk bekerja di rumah, Work From Home (WFH). Hal itu membuat pelanggan Warteg terus menurun drastis." Ujar Mukroni yang ditemui pada acara Jumat Nikmat, Jumat (27/8).

Beliau menambahkan bahawa diperkirakan ada lebih dari 25 ribu Warteg yang gulung tikar sejak Covid-19 mewabah di Indonesia. Apalagi PPKM yang digelar sejak Juli 2021 terus diperpanjang sehingga membuat Warteg kian terpuruk.

Namun kali ini ada yang berbeda, alih-alih turun ke jalan untuk berdemo atas perpanjangan PPKM, Komunitas Warteg binaan KOWANTARA malah turun ke jalan untuk berbagi nasi bungkus bagi masyarakat sekitar wilayah Mampang, Jakarta Selatan. Aksi kegiatan itu pun disambut baik oleh masyarakat yang memang membutuhkan di tengah situasi saat ini.

"Kami percaya, kalao kita nolong orang, maka Allah akan nolong kita, Nabi juga bilang gitu, yang mempermudah urusan orang akan dipermudah urusannya oleh Allah" mernurut Mukroni.

Dalam program berbagi di hari Jumat ini KOWANTARA tidak sendiri, gayung bersambut dengan bergabungnya RumaTani, perusahaan rintisan berbasis aplikasi yang juga turut peduli dengan UMKM khususnya warteg.

 KOWANTARA & RumaTani meluncurkan sebuah gerakan bertajuk  "Warteg Jaya Kembali" untuk membangkitkan Kembali roda ekonomi melalui warteg di tengah pandemi, salah satunya dengan program

“Diluncurkannya gerakan “Warteg Jaya Kembali” dan program “Jumat Nikmat” ini bukan sekedar seremoni berbagi bagi masyarakat, kami ingin sekali membantu bisnis Warteg yang termasuk sektor UMKM agar tetap bisa eksis di masa pandemi ini,” ungkap Edwin Rahmat selaku CEO RumaTani.

Beliau menambahkan bahwa Roda perekonomian Indonesia bukan hanya digerakkan oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Namun, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar utama dalam menggerakkan perekonomian Indonesia dan terbukti berhasil bertahan ketika krisis ekonomi terjadi.  "Oleh karena itu, KOWANTARA & RumaTani optimis UMKM bisa bangkit di situasi pandemi yang masih berlangsung.” Tutup Edwin.

Tak berhenti sampai di situ, menurut Adhinugraha, Chief Brand Officer, “RumaTani bukan hanya mendukung UMKM secara sosial saja, tetapi juga berkomitmen untuk memberikan layanan pemenuhan kebutuhan UMKM yang maksimal, mulai dari memberikan supply bahan baku yang berkualitas, harga yang terjangkau, pengiriman yang fleksibel, pelatihan, bahkan permodalan hingga ratusan juta bagi UMKM, dan masih banyak lagi.”

Kegiatan positif yang diprakasai oleh dua institusi berbeda ini dapat menjadi contoh bagi kita semua. Dengan berbagi dan berkolaborasi, roda ekonomi ibu pertiwi dapat bergerak dan terus melaju walaupun di tengah pandemi. (OL-12)

Baca Juga

MI/HO

Masyarakarat dan Pengelola Berkolaborasi Lindungi Populasi dan Habitat Pari Mantra

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 00:22 WIB
Potensi mengenai populasi pari manta dan habitat mereka di kawasan ini masih belum banyak...
Dok Dompet Dhuafa

Kolaborasi Dompet Dhuafa-Lotte Mart di Tebar Hewan Kurban

👤Media Indonesia 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:55 WIB
KOLABORASI program tebar hewan kurban (THK) yang digaungkan Dompet Dhuafa bersama Lotte Mart memasuki tahun...
MI/ANTON

UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga PTN BH

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:05 WIB
IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya